Sukseskan Ketahanan Pangan, Pelajar Pertanian SMKN 09 Bengkulu Utara Jalin Sinergi dengan Pemdes

Sukseskan Ketahanan Pangan, Pelajar Pertanian SMKN 09 Bengkulu Utara Jalin Sinergi dengan Pemdes

Siswa/ SMK 09 BU jurusan pertanian turun langsung mendampingi program ketahanan pangan masyarakat di Kecamatan Napal Putih--

NAPAL PUTIH, RADARUTARA.ID- Sinergi antara dunia pendidikan di lingkungan SMKN 09 BU dengan pemerintahan desa di wilayah Kecamatan Napal Putih dalam menyukseskan program ketahanan pangan berhasil dijalin dengan baik.

Sinergi keduanya, ini pun mulai dirasakan oleh desa-desa di Kecamatan Napal Putih melalui kegiatan program ketahanan pangan yang saat, ini tengah berlangsung.


Kepsek SMKN 09 BU saat menyerahkan bibit sayuran kepada Kades Air Tenang sebelum diserahkan kepada masyarakat di Desa Air Tenang--

Kepala Sekolah (Kepsek) SMKN 09 BU, Desa Air Tenang, Kecamatan Napal Putih, M Yusuf, S.Pd, M.Pd, berharap. Kehadiran pelajar di lingkungan SMKN 09 BU, ini bisa memberi warna baru dan menjadi energi positif bagi seluruh pemerintah desa khususnya di wilayah Kecamatan Napal Putih dalam menyukseskan program ketahanan pangannya.

"Tidak ada salahnya, jika potensi sumber daya manusia (SDM) yang kita miliki di SMK ini kita aplikasikan untuk mendukung program pemerintah, khususnya di sektor ketahanan pangan yang saat ini sedang menjadi fokus setiap desa khususnya di Kecamatan Napal Putih. Kita harapkan, dengan peran pelajar kita di SMK ini khususnya yang selama ini kita didik di bidang pertanian bisa membantu desa-desa dalam menyukseskan program ketahanan pangannya," ujar Kepsek.

Sinergi konkret yang telah dilaksanakan oleh pelajar di lingkungan SMKN 09 BU kepada desa-desa di Napal Putih saat, ini kata Kepsek, meliputi pendampingan terhadap penyediaan bibit sayuran berkualitas.

Dimana pelajar khususnya yang berada di jurusan pertanian ini telah diterjunkan langsung untuk mendampingi proses penyediaan bibit yang dilakukan oleh desa dari awal proses penyemaiannya sampai menghasilkan bibit sayuran produktif yang siap tanam.

"Peran pelajar mendampingi penyediaan bibit sayuran yang diselenggarakan oleh desa dari awal penyemaian sampai di usia layak tanam. Selama proses penyemaian bibit berlangsung, pelajar kita akan memantau langsung perkembangannya sampai nantinya bibit ini layak disalurkan ke masyarakat. Sehingga output dari bibit yang kita dampingi sejak awal ini nantinya bisa memberi hasil maksimal kepada masyarakat," pungkasnya.

Terpisah Kades Air Tenang, Supriadi, menyambut baik sinergi yang telah dibangun antara dunia pendidikan di lingkungan SMKN 09 BU bersama desa-desa di Kecamatan Napal Putih ini.

Supriadi berharap, keterlibatan pelajar di lingkungan SMK yang ada di wilayah desanya, ini dapat memberi energi positif bagi kesuksesan program ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh desa-desa di Kecamatan Napal Putih.

"Kehadiran pelajar di SMKN 09 BU dalam menyukseskan program ketahanan pangan di desa, ini kita sambut positif. Kita harapkan dari pendampingan yang dilakukan oleh pelajar di lingkungan SMK dan rekan-rekan PPL pertanian ini. Produksi yang didapatkan masyarakat pada program ketahanan pangan, ini bisa maksimal," pintanya.(Adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: