Untuk Tamatan SMA, Lakukan ini Agar Bisa Lolos SBMPTN 2023

Untuk Tamatan SMA, Lakukan ini Agar Bisa Lolos SBMPTN 2023

Kiat agar lulus SMBPTN 2023 untuk lulusan SMA--

RADARUTARA.ID- Walaupun proses ujian siswa SMA sederajat saat ini masih berlangsung, namun proses untuk persiapan dunia perkuliahan sudah dimulai. Dimana beberapa waktu lalu, pengumuman untuk Seleksi Nasionla Berdasarkan Prestasi atau SNBP sudah selesai dan ternyata masih banyak yang belum berhasil.

Tapi, diharapkan untuk calon mahasiswa agar jangan menyerah dan terus mencoba, kali ini pendaftaran melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN 2023, yang saat ini sudah mulai berjalan. 

Untuk itu, agar kamu bisa lolos, kamu wajib mempersiapkan diri dengan matang dan mengambil peluang yang telah ada di depan mata. Berikut langkah yang bisa kamu lakukan agar bisa lolos SBMPTN 2023.

 

1. Menyiapkan Diri

Gagal dalam seleksi SNBP / mungkin merupakan kegagalan menyedihkan dalam hidup. Seleksi ini memang tidak terulang kembali, namun gagal dalam SNBP bukanlah akhir dari segalanya, karena ada cara menyikapi hasil gagal SNBP.

Yaitu dengan menyiapkan diri mengikuti UTBK-SNBT (Ujian Tulis Berbasis Komputer - Seleksi Nasional Berdasarkan Tes). SNBT adalah sebuah tes dengan 3 materi, Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, Serta Penalaran Matematika.

Sementara itu, Tes Potensi Skolastik terbagi menjadi 4, diantaranya :

  1. Penalaran Umum
  2. Pengetahuan Kuantitatif
  3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum
  4. Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis

 

Untuk mengikuti seleksi ini, peserta dikenakan biaya UTBK sebesar Rp200.000,- (dua ratus ribu rupiah). Namun kekurangan dari UTBK-SNBT ini adalah hasil UTBK hanya bisa digunakan untuk mendaftar SNBT 2023, tidak berlaku di tahun berikutnya.

BACA JUGA:Catat, 8 Instansi ini Buka Lowongan CPNS 2023 untuk Lulusan SMA

2. Gap Year

Definisi Gap Year adalah suatu tahun dimana seseorang melakukan pengalaman berharga sebelum memulai berkuliah, tahun tersebut juga bisa menjadi waktu bermanfaat selama membuat rencana terbaik bagi masa depanmu.

Gap Year juga menjadi salah satu alternatif istirahat setelah gagal SNBP sekaligus mempersiapkan mental beserta pengetahuanmu dalam menghadapi SNBT tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: