5 Pertanyaan Konyol Tentang Tumbuhan yang Menambah Wawasanmu

5 Pertanyaan Konyol Tentang Tumbuhan yang Menambah Wawasanmu

5 Pertanyaan Konyol Tentang Tumbuhan yang Menambah Wawasanmu--

RADARUTARA.ID - Tanaman atau tumbuhan merupakan jenis makhluk hidup yang memenuhi kebutuhan manusia. Banyak yang belum kita ketahui tentang tanaman yang ada di sekitar kita, dan tentunya hal itu perlu kita ketahui untuk menambah wawasan.

Berikut list pertanyaan konyol seputar tumbuhan yang bisa menambah wawasanmu, simak penjelasannya!

1. Mengapa mengiris bawang dapat mmebuat kita menangis?
Bawang memiliki uap yang mengandung suatu zat kimia iritan dan zat ini tidak membuat iritasi pada kulit. Namun zat ini akan membuat iritasi pada mata sehingga mata akan terasa ketika mengiris bawang.

Air mata yang keluar saat mengiris bawang berfungsi untuk membersihkan zat kimia tersebut. Itulah mengapa kita terlihat seperti menangis ketika mengiris bawang.

2. Bagaimana kaktus bisa hidup tanpa air?
kaktus dikenal sebagai tumbuhan yang dapat bertahan hidup tanpa adanya air. Namun tahukan kamu, sebenarnya kaktus sama dengan tumbuhan kebanyakan yang juga membutuhkan air.

Hanya saja kaktus hanya memerlukan air dalam kadar yang sedikit, karena kaktus memiliki daun yang sangat kecil berwujud duri hingga menyebabkan air yang menguap tidak sebanyak pada tumbuhan lain.

Selain itu kaktus memiliki batang yang tebal untuk menyimpan air dalam waktu lama. kaktus juga memiliki akara yang sangat panjang dan bisa memperluas area penyerapan air di dalam tanah.

3. Mengapa cabai rasanya pedas?
Apa yang menyebabkan rasa pedas pada cabe? Jawabannya adalah karena zat capsaicin. Zat inilah yang memunculkan rasa pedas karena capsaicin memberikan isyarat pada otak persis halnya ketika kulit terkena air panas.

Capsaicin yang terkandung dalam cabe juga membantu cabe untuk terhindar dari berbagai penyakit seperti jamur. Kandungan capsaicin ini sebenarnya terletak pada biji cabe, jadi jika kamu tidak menginginkan rasa yang pedas kamu bisa menyingkirkan bijinya.

4. Mengapa Lemon rasanya asam?
Penyebab lemon terasa asam karena mengandung asam sitrat yang merupakan zat organik dan terbentuk secara alami di banyak tanaman.

Hanya saja pada tumbuhan lemon dan jeruk nipis memiliki asam sitrat dengan kadar yang lebih banyak sehingga terasa lebih asam dibandingkan buah lainnya.
Biasanya asam sitrat digunakan untuk penambah rasa dan untuk membersihkan kotoran yang membandel.

5. Mengapa pohon di hutan rata-rata berukuran tinggi dan besar?
Pohon-pohon di hutan membutuhkan banyak cahaya matahari sehingga akan tumbuh lebih tinggi seolah-olah beradu cepat untuk mendapatkan sinar matahari.

Kebutuhan tanaman terhadap sinar matahari berbeda-beda. Ada tanaman yang tumbuh dengan baik di tempat terbuka sebaliknya ada juga tanaman yang bisa tumbuh dnegan baik di tempat tertutup. Tanaman membutuhkan sinar matahari untuk proses fotosintesis. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: