Mengenal Kris of Naud, Keris yang Tercatat Tertua di Dunia

Mengenal Kris of Naud, Keris yang Tercatat Tertua di Dunia

Kris of Knaud yang saat ini dipajang di Tropenmuseum, Royal Tropical Institute, Amsterdam, Belanda--

RADARUTARA.ID - Dugaan Anda benar. Salah satu keris tertua di dunia yang pernah tercatat berasal dari Indonesia. Keris tersebut bernama Keris Knaud. Orang barat menyebutnya Kris of Knaud atau Knaud's Kris. Keris ini merupakan keris tertua yang pernah tercatat di dunia.

Awalnya, pemilik keris ini adalah Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario (KGPAA) Prabu Suryodilogo, sebagai pemimpin di Kadipaten Pakualaman. Lalu, keris ini dihadiahkan oleh KGPAA Prabu Surodilogo atau kemudian disebut sebagai Paku Alam V, kepada Charles Knaud, seorang dokter Belanda, pada abad ke-19.

Mungkin lantaran keluarga Paku Alam V yang sangat berminat pada dunia kedokteran kala itu, sehingga keris ini menjadi hadiah dari Kadipaten Pakualaman Yogyakarta untuk Charles Knaud. 

Charles Knaud (1840-1897) sendiri merupakan seorang dokter asal Belanda yang sangat menyukai mistisisme Jawa pada abad ke-19 di Yogyakarta. Dikutip dari berbagai sumber, hadiah ini diberikan lantaran Knaud berhasil membawa kesembuhan dan menyelamatkan nyawa putra Paku Alam V (1878-1900) yang dianggap terkena teluh atau guna-guna.

Keris Knaud ini sendiri memiliki ukiran tokoh Ramayana di permukaan bilah atau lapisan perunggu tipis yang menyelimuti sebagian keris. Tak hanya itu, di bilah keris ini juga tercantum angka tahun saka 1264 (1342 Masehi). 

Setelah lama tal terdengar, keris ini pernah dinyatakan hilang pada tahun 1903. Namun, 100 tahun kemudian keris ini ditemukan dan ternyata masih dipegang oleh keluarga keturunan Knaud.

Kini, Kris of Knaud menjadi salah satu benda cagar budaya yang dipamerkan di Tropenmuseum, Royal Tropical Institute, Amsterdam, sejak tahun 2003.

Seluk beluk keris ini sendiri, termasuk dalam jenis keris Buda/Budha atau keris sombro yang hadir pada masa pra-Kadiri-Singasari. Keris Buda cenderung sederhana dan tidak berpamor. Ukiran pada keris Buda mirip dengan gambaran belati di candi-candi Jawa sebelum abad ke-11. 

Demikianlah catatan tentang keris tertua di dunia yang berasal dari Indonesia yang telah ada sejak ratusan tahun lalu. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: