BUMDes Tertibkan Parkir dan Lapak Pedagang Pasar Lubuk Sanai 3

BUMDes Tertibkan Parkir dan Lapak Pedagang Pasar Lubuk Sanai 3

Direktur BUMDES, Sulis saat memberikan arahan kepada pedagang di Pasar Lubuk Sanai 3--

MUKOMUKO RU.ID- Terhitung Rabu (16/11), Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Lubuk Sanai 3, Kecamatan XIV Koto, mulai melaksanakan penertiban dan penataan pasar di desa setempat. Baik penataan lokasi parkir kendaraan hingga lapak para pedagang.

Semrawutnya parkir dan lapak pedagang, mengakibatkan macetnya arus kendaraan baik menuju ke Mukomuko maupun sebaliknya. Kondisi itu sudah sangat sering dikeluhkan masyarakat. 

Direktur BUMDes Lubuk Sanai 3, Sulis ketika dikonfirmasi mengatakan, untuk penertiban dan penataan parkir dan lapak pedagang agar tidak mengganggu ketertiban umum, tidak dapat dilakukan segaligus.

Tahap awal ini, pihaknya fokus sosialisasi kepada para pedagang dan pemilik kendaraan agar dapat memarkirkan kendaraanya dengan baik dan rapi.

Kegiatan yang ia lakukan, tindaklanjut dari hasil rapat BUMDes bersama Pemdes, BPD, Kecamatan, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa. Juga dihadiri langsung warga di sekitar pasar dan para tukang parkir beberapa hari lalu.

"Kesimpulan rapat, parkir di pasar Lubuk Sanai 3, dikelola langsung BUMDes agar bisa menghasilkan PADes. Karena parkir kendaraan, termasuk pedagang masih semrawut maka mulai hari ini kami dari BUMDes mulai melaksanakan penertiban. Tahap awal sosialisasi dulu, dan minggu depan penertiban secara total," tegas Sulis.

Sasaran penertiban yang akan dilakukan, yaitu pedagang yang membuka lapak daganganya di bahu jalan aspal, dan di halaman depan pasar.

Seharusnya bahu jalan tidak untuk tempat parkir dan tidak untuk berdagang karena mengganggu lalulintas. Nah pedagang yang berjualan di bahu jalan dan halaman depan pasar akan dipindahkan ke belakang. 

"Kalau mereka sudah pindah, bahu jalan aspal kita sterilkan agar lalulintas lancar. Dan motor yang biasa parkir di bahu jalan, kita pindahkan ke halaman depan pasar. Sedangkan untuk lokasi parkir mobil, juga sudah kita siapkan di seberang jalan depan pasar. Mudah-mudahan saja penertiban ini berjalan lancar dan mendapat dukungan dari semua pihak," harap Sulis. 

Sementara itu Kadea Lubuk Sanai 3, Kurniadi sangat mendukung upaya yang kini dilakukan BUMDes. Pihaknya juga memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada BUMDes untuk menggali potensi pendapatan untuk BUMDes dan desa.

"Silahkan, kami mendukung. Penertiban parkir dan pedagang di pasar yang dilkukan BUMDes, itu sangat bagus agar tidak semrawut," demikian Kades. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: