Mantapkan Rencana Pembangunan, Pemdes Talang Curup Gelar Pelatihan Penyusunan RPJMDes

Mantapkan Rencana Pembangunan, Pemdes Talang Curup Gelar Pelatihan Penyusunan RPJMDes

Pemdes Talang Curup menggelar pelatihan penyusunan RPJMDes--

KERKAP RU.ID - Pemerintah Desa Talang Curup atau warga sekitar menyebutnya dengan Pasar Pikor, Kecamatan Kerkap, Kabupaten Bengkulu Utara menggelar Pelatihan dan Bimbingan Penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) berbasis SDGs tahun 2023/2028, tanggal 4 hingga 5 Oktober 2022, di Kantor Desa Talang Curup.

Kepala Desa Talang Curup, Sudianto dalam sambutannya menyampaikan, perencanaan pembangunan merupakan pedoman penting setiap kepala desa untuk menjalankan pembangunan dan pemerintahan desa selama 6 tahun kedepan. Tujuannya, sebagai agar kebijakan pembangunan memiliki arah dan orientasi yang berbasis kepentingan warga desa.

"Semua perencanaan sudah pasti harus mengakomodir kebutuhan masyarakat, yang itu berdasarkan hasil kajian dari Tim Penyusun. Kemudian untuk diketahui, di periode ini kita akan fokus mengembangkan potensi wisata. Targetnya, dari sini ada peningkatan kesejahteraan dan menambang peluang ekonomi warga," ungkapnya.


Tim Penyusun RPJMDes Talang Curup mengikuti kegiatan pelatihan--

Sudianto berharap, seluruh peserta pelatihan dapat mengambil ilmu dari narasumber untuk diterapkan dalam penyusunan dokumen RPJMDes, sehingga menghasilkan perencanaan pembangunan desa yang benar-benar matang, sesuai visi misi kepala desa dan arahan pemerintah.

Dalam kesempatan itu jaga Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kecamatan Kerkap, Fatonah menegaskan, pihaknya berharap pelatihan ini menghasilkan para penyusun RPJMDes yang mumpuni dan mampu menghasilkan RPJMDes yang berorientasi pada kepentingan masyarakat.

"Melalui pelatihan dan bimbingan ini, peserta dapat menyusun RPJMDes Talang Curup yang dapat membuat pembangunan desa terus maju dan beriorentasi pada kesejahteraan warga," harapnya.


Kepala Desa Talang Curup, Sudianto dan istri diapit oleh Bupati Bengkulu Utara, Ir H Mian dan Ketua TP PKK Bengkulu Utara Ny Hj Eko Kurnia Ningsih Mian--

Pantauan RadarUtara.ID, kegiatan pelatihan dan bimbingan untuk Tim Penyusun RPJMDes Talang Curup ini menghadirkan narasumber dari pemerintah Kecamatan Kerkap, pendamping desa, tenaga ahli dengan diikuti oleh perangkat desa dan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Talang Curup. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: