Desember 2022, Forum Komunikasi Kecamatan Sehat Ulok Kupai Targetkan Deklarasi

Desember 2022, Forum Komunikasi Kecamatan Sehat Ulok Kupai Targetkan Deklarasi

Pembentukan Forum Komunikasi Kecamatan Sehat di Ulok Kupai--

ULOK KUPAI RU.ID - Puskesmas Tanjung Harapan (SP3), Kecamatan Ulok Kupai telah berhasil memfasilitasi pembentukan Forum Komunikasi Kecamatan Sehat pada hari Senin (18/9) kemarin.Targetnya, di bulan Desember 2022, Kecamatan Ulok Kupai di deklarasikan sebagai kecamatan sehat oleh Dinas Kesehatan Bengkulu Utara.

Agenda pembentukan Forum Komunikasi Kecamatan Sehat ini dilangsungkan dengan penandatanganan komitmen percepatan kecamatan sehat yang diikuti oleh seluruh anggota forum komunikasi yang terdiri dari 10 desa di Kecamatan Ulok Kupai hingga unsur tripika di Kecamatan Ulok Kupai.

Dikatakan Kepala Puskesmas Tanjung Harapan, Harmen, S.KM, pembentukan forum komunikasi ini sangat penting dalam mendorong percepatan kecamatan sehat. Dengan adanya peran dari anggota forum komunikasi ini, Harmen optimis deklarasi menuju kecamatan sehat bisa dicapai dengan waktu yang ynag lebih cepat.

"Untuk menuju kecamatan sehat, Puskesmas Tanjung Harapan tidak bisa sendirian. Harus ada dukungan penuh dari seluruh pihak. Sehingga hari ini kita bentuk forum komunikasi untuk membantu percepatan deklarasi kecamatan sehat yang sedang kita targetkan saat ini," ungkapnya.


Pembentukan Forum Komunikasi Kecamatan Sehat oleh Puskesmas Tanjung Harapan--

BACA JUGA:Polisi Gali Keterangan Bendahara Komite SMAN 7 Bengkulu Utara

BACA JUGA:Bertaruh Nyawa, Warga Gembung Meniti Sisa Jembatan yang Putus

Menurutnya, forum komunikasi kecamatan sehat ini nantinya memiliki peran atau tugas untuk membantu pelaksanaan program di lapangan yang berasal dari Puskesmas. Baik itu meliputi lingkungan pasar dan lingkungan masyarakatnya maupun lingkungan di sejumlah fasilitas umum lain yang ada di setiap desa.

"Untuk mengkondisikan program-program ini, kita butuh peran dari anggota forum komunikasi. Karena anggota forum inilah yang berperan lebih jauh masuk ke lingkungan-lingkungan yang menjadi target desa yang sehat. Sehingga dengan telah ditandatanganinya komitmen bersama ini. Kami dari Puskesmas sangat berharap kepada seluruh pihak yang ada di Kecamatan Ulok Kupai untuk mendukung dan menyukseskan program kecamatan sehat," pintanya.


Penandatanganan komitmen percepatan kecamatan sehat--

Syarat untuk melaksanakan deklarasi kecamatan sehat, diantaranya dengan memenuhi target program Open Defecation Free (ODF) minimal mencapai 80 persen. Setelah target ODF tercapai, Puskesmas bisa mengusulkan deklarasi kecamatan sehat Dinas Kesehatan Bengkulu Utara.

"Setelah target ODF tercapai, kita akan ajukan ke Dinas Kesehatan. Nanti Dinkes akan mengutus tim untuk verifikasi. Targetnya di bulan Desember tercapai. Insya Allah dengan kerja keras dan adanya dukungan penuh dari seluruh pihak, dapat tercapai," pungkasnya.

BACA JUGA:'Goyang' Gadis dalam Mobil, Polsek Giri Mulya Tangkap Penjual Tahu Bulat

Terpisah, Ketua Forum Komunikasi Kecamatan Sehat Ulok Kupai, Ari Sanjaya, mendukung penuh komitmen menuju kecamatan sehat yang dimotori oleh Puskesmas Tanjung Harapan. Semaksimal mungkin, pria yang juga Kepala Desa Tanjung Harapan ini mengatakan, anggota forum komunikasi akan membantu tugas-tugas Puskesmas dalam mewujudkan Kecamatan Ulok Kupai menjadi kecamatan sehat. 

Sumber: