Wujudkan Tata Kelola Pemerintah, Pemprov dan BNI Teken MoU

Wujudkan Tata Kelola Pemerintah, Pemprov dan BNI Teken MoU

Gubernur usai melakukkan Penandantanganan MoU dan PKS antara Pemprov Bengkulu dengan PT BNI Tbk--

BENGKULU RU.ID - Pemerintah Provinsi Bengkulu bersama PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Rabu (24/8) menandatangani Momerandum Of Understanding (MoU) sekaligus Perjanjian Kerjasama (PKS). Langkah ini untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan berbasis digital, yang berkaitan dengan jasa layanan perbankan digital melalui program Smart Province.

Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah mengatakan, kegiatan ini memiliki makna yang sangat strategis, dan sudah menjadi kebutuhan.

"Karena ini juga bakal menjadi daya saing daerah. Sebagaimana amanat Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, terdapat dua literasi yang harus di dorong pemerintah dan harus dipahami para pelaku usaha dan juga masyarakat," ungkapnya.

Pertama, lanjut Rohidin, literasi digital atau literasi teknologi dalam bentuk umum dan yang kedua adalah literasi keuangan. Keduanya ada dalam kerjasama yang ditandatangani tadi.

BACA JUGA:Komite SMAN 07 Bengkulu Utara Diduga Pungut Biaya Jutaan per Semester

BACA JUGA:Pendidikan Gratis, Agustam: SE Gubernur Dipertanyakan

"Ini juga berarti sebagi upaya kita meningkatkan literasi digital, di satu sisi lain kita juga meningkatkan literasi keuangan," kata Rohidin.

Menurutnya, untuk sistem smart province dalam penerapannya di pemerintahan daerah, tentunya bakal mendorong elektronifikasi transaksi pemerintah daerah. Sehingga dapat mendukung pengembangan transaksi pembayaran digital masyarakat.

"Kitapun mengapresiasi BNI dan Cyber Global yang proaktif bersama pemda membangun smart province dan digitalisasi layanan masyarakat," tegasnya.

Sementara itu, Direktur Layanan dan Jaringan BNI, Ronny Venir menerangkan, implementasi Smart Province ini juga sebagai bentuk dukungan BNI kepada segenap pemerintah kabupaten/kota menuju 100 Smart City, yang merupakan program bersama Kementerian Kominfo, Dalam Negeri, PUPR, LHK, Bappenas dan Kantor Staf Kepresidenan.

BACA JUGA:Aryo 2 Variasi Bengkulu, Bisa Kredit Modifikasi Mobil, Bunga Nol Persen

BACA JUGA:Modus Telepon dapat Doorprize, Toko Mandiri Jaya Resahkan Emak-Emak Padang Jaya

"Gerakan ini bertujuan membimbing kabupaten/kota dalam menyusun Masterplan Smart City agar bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah. Kita juga apresiasi Pemprov Bengkulu yang memberikan BNI berkontribusi terhadap tata kelola dan pengembangan ekonomi digital di Bengkulu," jelasnya.

Lebih jauh disampaikannya, pihaknya berkomitmen untuk memberikan solusi finansial yang menyeluruh, sesuai dengan tujuan BNI untuk menjadi your financial banking partner.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: