Profil AKP Erwin Setiawan, Kapolsek yang Panjat Tower Gagalkan Aksi Percobaan Bunuh Diri

Profil AKP Erwin Setiawan, Kapolsek yang Panjat Tower Gagalkan Aksi Percobaan Bunuh Diri

AKP Erwin Setiawan saat menjalankan tugasnya sebagai pasukan pemelihara perdamaian di Sudan, Afrika Utara.--

PUTRI HIJAU RU.ID - Aksi seorang pria yang ingin terjun dari tower Telkomsel untuk bunuh diri yang menghebohkan warga Putri Hijau pada Senin (8/8/2022) kemarin akhirnya berhasil digagalkan. Penggagalan aksi percobaan bunuh diri ini tak lepas dari aksi Kapolsek Putri Hijau, AKP Erwin Setiawan yang nekat memanjat tower untuk meyakinkan pelaku agar membatalkan aksi bunuh dirinya.

Saat memanjat tower, Erwin setiawan memberikan penjelasan dan meyakinkan pelaku akan memberikan bantuan atas persoalan yang dihadapinya. Berkat negosiasinya, warga Desa Kota Bani yang nekat ingin terjun dari tower itupun menggagalkan aksinya dan memilih kembali turun menemui anak dan istrinya.

Atas keberaniannya, Erwin Setiawan yang baru beberapa hari bertugas di Polsek Putri Hijau ini mendapat banyak apresiasi dari warga.

Pantas saja Kapolsek muda ini memiliki kemampuan bernegosiasi yang baik. Rupanya Ia pernah tergabung sebagai pasukan PBB dalam misi menjaga perdamaian di Afrika.

BACA JUGA:BREAKING NEWS! Hendak Bunuh Diri, Warga Kota Bani Nekat Panjat Tower BTS Belakang Polsek Putri Hijau

Lalu siapa Ajun Komisaris Polisi (AKP) Erwin Setiawan, S.IK, MH? 

Erwin Setiawan adalam lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) angkatan tahun 2013. Ia lahir di Kabupaten Siak, Provinsi Riau pada tanggal 23 Desember Tahun 1990. Erwin lulus dari Akpol dengan pangkat IPDA, kemudian di tahun 2016, Ia naik pangkat IPTU. Butuh waktu 5 tahun, hingga di tahun 2021, Erwin resmi menyandang pangkat AKP, pangkat tertinggi di jenjang perwira pertama Polri.


AKP Erwin Setiawan--

Sementara untuk riwayat pendidikan, AKP Erwin Setiawan pernah mengikuti pendidikan pengembangan dan pelatihan Dikbang TMT yang meliputi workshop standar kepolisian internasional (Inspektur) pada tahun 2018, Dikbangpes Pelopor pada tahun 2017, Dikbangpes Wanteror Lanjutan tahun 2016, Dikbangpes Perwira Pertama IDIK TP Terorisme tahun 2015 dan Pendidikan Perwira Pertama Dasar Brimob pada tahun 2015. 

Erwin Setiawan mengawali karirnya dengan menduduki jabatan sebagai Pama Satbrimob Polda Bengkulu, dilanjutkan Kasubsibinjas Sikesjas Satbrimob Polda Bengkulu (IVB), Wakasubden III Den A Satbrimob Polda Bengkulu (IVB), PS Kasubden III Den B Satbrimob Polda Bengkulu (IVA), PS Kasubden II Den B Satbrimob Polda Bengkulu (IVA), PS Paur Subbagminops Bagops Satbrimob Polda Bengkulu (IVA), Kasikesjas Satbrimob Polda Bengkulu (IVA)

Sebelum menjabat sebagai Kapolsek Putri Hijau. AKP Erwin Setiawan, di jajaran Polres Bengkulu Utara, Ia menduduki jabatan sebagai Wadanyon B Satbrimob Polda Bengkulu (IIIB1).

BACA JUGA:Sejam Negosiasi, Kapolsek Putri Hijau Berhasil Gagalkan Percobaan Bunuh Diri

Dari sederet riwayat pendidikan dan jabatan yang pernah dilalui itu, Kapolsek yang berdarah Jawa, ini juga pernah memiliki sejumlah prestasi Internasional. 

Dalam perjalanan tugasnya di Satbrimob, Erwin Setiawan pernah mendapatkan penghargaan berupa UN Medal dari PBB dan penerima Satya Lencana Bakti Buana dari Presiden RI. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: