Bacaan Doa dan Niat Sedekah Subuh, Amalan Pagi untuk Membuka Pintu Rezeki

Sabtu 22-06-2024,04:06 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID- Sedekah adalah tindakan mulia oleh seorang muslim yang memberikan sesuatu kepada orang yang berhak dengan hati ikhlas dan penuh kerelaan, tanpa ada terikat oleh waktu atau jumlah tertentu, semata-mata hanya untuk meraih ridha Allah dan pahala-Nya.

Sedakah ini menjadi amalan istimewa lantaran seusai dilakukan malaikat akan langsung mendoakan supaya Allah SWT bisa menggantinya. Namun Sebaliknya, bagi mereka yang kikir didoakan supaya bisa dibinasakan.

Seperti pada sabda Rasulullah SAW tentang sedekah sebagai berikut ini:

"Setiap awal pagi matahari terbit, Allah SWT menurunkan dua malaikat ke bumi. Kemudian, salah satu berkata, "Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah SWT." Malaikat yang satu berkata, "Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakil." (HR. Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah)

BACA JUGA:Apa Kabar Anggaran Motor Dinas Kades Pak Bupati?

Supaya sedekah subuh menjadi lebih sempurna, sedekah tersebut garus dibarengi dengan niat yang tulus. Adapun niat tersebut sebagai berikut ini:

Nawaitut taqoruba ilallahi ta'ala wattiqoaa ghadlabir rabbi jalla jalaluhu wattiqoa nari jahannama wattarakhkhuma 'ala ikhwani wa shilatur rahimi wa mu'awanatadh dlu'afai wa mutaba'atan nabiyyi shallallahu 'alaihi wa sallama wa idkholas sururi 'alal ikhwani wa daf'il balai 'anhu wa 'an sairil muslimina wal infaqo mimma razaqohullahu wa qohran nafsi wasy syaithoni.

Artinya: "Aku niat (bersedekah) untuk mendekatkan diri kepada Allah, menghindari murka Tuhan, menghindari api neraka jahannam, berbelas kasih kepada saudara dan menyambung silaturrahmi, membantu orang-orang yang lemah, mengikuti Nabi Saw, memasukkan kebahagiaan pada saudara, menolak turunnya dari mereka dan semua kaum muslimin, menafkahkan rizki yang diberikan oleh Allah, dan untuk mengalahkan nafsu dan setan."

Kemudia , ada doa yang dianjurkan untuk dibaca setelah melakukan sedekah subuh. Doa tersebut yaitu:

Rabbana taqabbal minna innaka antas sami'ul alim.

Artinya: "Ya Tuhan kami, terimalah amalan kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

BACA JUGA:Mengkonsumsi Sayuran Beku Sedang Jadi Tren, Apakah Lebih Menyehatkan dari Sayuran Segar?

Adapun Penerapan Sedekah Subuh dalam Kehidupan Sehari-hari:

1. Mengisi kotak amal di masjid seusai menunaikN ibadah subuh. Para istri bisa menitipkan sedekah subuhnya kepada suami yang shalat di masjid.

2. Mengirim uang melalui rekening kepada orang tua atau sahabat yang sedang membutuhkan, dengan niat sedekah.

Kategori :