Ketahui, 5 Manfaat Air Nabeez bagi Kesehatan, Infused Water Kurma Kesukaan Rasulullah

Selasa 23-01-2024,19:41 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Air nabeez merupakan minuman dari campuran air putih dan buah kurma yang sudah direndam selama satu malam. Bukan cuma kurma, minuman ini juga dapat dibuat dari kismis atau campuran kismis dan kurma. Air nabeez telah dikonsumsi sejak lama dan diklaim mempunyai berbagai khasiat untuk kesehatan tubuh.

Sebenarnya, air nabeez metupakan sejenis infused water lantaran menggunakan buah-buahan yang direndam air untuk memberikan rasa dan aroma di air putih.

Manfaat air nabeez asalnya dari nutrisi yang terkandung di dalam buah kurma. Buah ini terkenal kaya akan bermacam nutrisi, mulai dari serat, protein, karbohidrat, gula, kalium, kalsium, fosfor, magnesium, tembaga, zat besi, hingga antioksidan. Berikut ini merupakan beberapa manfaat air nabeez bagi kesehatan tubuh:

BACA JUGA:Hebatnya Karomah yang Dimiliki Wali Songo, Diantaranya Bisa Menyambung Badan Terputus

1. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Bukan cuma air putih, air nabeez bisa digunakan sebagai alternatif untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh serta mencegah dehidrasi. Bahkan, air nabeez juga lebih menyehatkan dibandingkan jenis minuman manis yang lainnya, contohnya seperti teh manis, soda, atau jus kemasan.

2. Meningkatkan energi

Kurma, termasuk kurma sukari ataupun varian lainnya, mengandung karbohidrat dan gula yang menjadi sumber energi utama untuk tubuh. Hal ini yang menjadikan air nabeez baik dikonsumsi untuk mengatasi rasa lelah, baik sesudab berolahraga ataupun menderita kondisi tertentu yang membuat kamu membutuhkan asupan energi lebih banyak.

3. Melancarkan pencernaan

Ketika tubuh kekurangan cairan, kotoran akan menjadi lebih keras dan lebih susah untuk dikeluarkan. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa dehidrasi bisa menyebabkan sembelit.

Air nabeez dapat menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi keluhan sembelit yang kamu alami. Minuman ini dapat bekerja dengan dua cara, yakni memenuhi kebutuhan cairan tubuh serta memberikan asupan serat yang bisa melancarkan pencernaan.

BACA JUGA:Tidak Boleh Sembarangan, Begini Tata Cara Mandi Junub Sesuai Ajaran Islam, Umat Muslim Wajib Tahu

4. Mengontrol gula darah

Walaupun mempunyai rasa yang manis, namun kurma tidak menyebabkan peningkatan gula darah. Buah ini malah bisa menjaga gula darah tetap stabil lantaran mempunyai indeks glikemik yang rendah.

Hal tersebut menjadikan air nabeez baik dikonsumsi sebagai altenatif untuk kamu yang ingin membatasi asupan gula. Tetapi, supaya tetap sehat, air nabeez yang dikonsumsi alangkah baiknya tidak ditambahkan gula ataupun pemanis tambahan.

Kategori :