Jangan Asal Pilih, Ini 5 Tanda Kurma Tidak Layak Dikomsumsi

Jangan Asal Pilih, Ini 5 Tanda Kurma Tidak Layak Dikomsumsi

Jangan Asal Pilih, Ini 5 Tanda Kurma Tidak Layak Dikomsumsi--

RADARUTARA.ID- Kurma merupakan buah yang sering dikonsumsi sebagai makanan pembuka puasa ketika bulan suci Ramadhan. Namun pastikan cek tanda Kurma tidak layak konsumsi.

Walaupun mempunyai segudang manfaat dan rasa yang manis, ternyata kualitas kurma juga dapat menurun sehingga tak lagi layak untuk dikonsumsi. Lantas apa saja tandanya?

Kurma merupakan kudapan yang disunahkan oleh Rasulullah SAW. Umat Muslim berbondong-bondong membeli kurma pada bulan Ramadhan.

Tetapi, kamu sebaiknya tidak asal membeli kurma. Kurma yang ingin dibeli wajib diperhatikan, apakah kurma tersebut masih dalam keadaan segar dan kualitasnya baik untuk dikonsumsi ataupun tidak.

BACA JUGA:Baznas RI Telah Tetapkan Zakat Fitrah Tahun 2024, Berikut Besarannya

Karena, kurma yang dikeringkan akan kekurangan air dan cenderung tidak berjamur sampai bisa bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Kurma segar busa bertahan sampai enam bulan di kulkas dalam tempat tertutup dan tetap buka selama setahun lamanya. Sedangkan, kurma kering yang tidak dimasukkan ke kulkas bisa bertahan selama enam bulan. Kurma kering yang dimasukkan ke dalam freezer bisa bertahan sampai tiga tahun.

Jika kamu menyimpan kurma dengan cara yang tidak tepat, jamur dan bakteri bisa tumbuh di atasnya, sehingga membuat kurma menjadi rusak.

BACA JUGA:Caleg Terpilih yang Ingin Maju Pilkada Harus Mundur atau Tidak?

Berikut ini beberapa ciri kurma tidak layak dikonsumsi yang harus diwaspadai.

1. Bau

Saat kurma membusuk, bau busuknya adalah hal pertama yang akan kamu sadari. Buah ini mempunyai aroma yang samar dan netral, tetapi akan mengeluarkan bau busuk yang tidak sedap atau berbau alkohol sesudah menjadi busuk.

2. Berubah warna

Tanda kurma tidak layak konsumsi lainnya yaitu perubahan warna pada buahnya. Kurma yang sudah menggelap atau mempunyai bercak-bercak pucat pada permukaannya, itu artinya sudah tidak layak untuk dikonsumsi. Terkadang, perubahan warna dibarengi dengan tampilan yang berjamur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: