Pengen Pinjam Modal Usaha ke Bank, Lakukan Hal Ini Agar Usaha Berkembang dan Utang Lunas

Minggu 21-01-2024,15:08 WIB
Reporter : Lia Junita
Editor : Septi Maimuna

- Pastikan kondisi keuangan sehat dan usaha bakal menguntungkan

Budi Raharjo seorang perencana Keuangan OneShildt Financial Planning mengatakan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat meminjam ke bank. Salah satunya, memastikan kondisi keuangan sehat sebelum meminjam. Yang artinya, jangan sampai meminjam dengan tidak ada kepastian pendapatan untuk pengembalian

Kedua, tentukan tujuan peminjaman. Misalnya, apakah untuk membeli atau peremajaan mesin dan peralatan atau untuk ekspansi karena ada pertumbuhan dan optimisme peluang permintaan dari bisnis yang lebih besar.

Menurutnya, meminjam ke bank sah-sah saja saat ada kebutuhan untuk membeli bahan baku karena ada permintaan dan kas usaha tidak mencukupi. Yang terpenting ada kepastian pembayaran. 

BACA JUGA:Ini Orang yang Paling Pelit Menurut Pandangan Rasulullah SAW, Siapakah Mereka?

- Tentukan rencana pembayaran

Saat Anda meminjam uang ke bank, maka rencanakan secara matang tentang cara membayarnya.

Cara pembayaran tersebut bisa dilakukan dengan dua pilihan, yaitu pengembalian jangka pendek dan jangka panjang.

Jika pengembalian yang dipilih jangka pendek, maka bisa menjadi opsi saat modal dibutuhkan untuk menutupi biaya operasional usaha sesaat. Sedangkan, pengembalian jangka panjang biasanya untuk investasi.

- Melakukan pencatatan

Pencatatan keuangan setelah mendapat pinjaman dan usaha sudah berjalan itu sangat penting dilakukan. Hal itu berguna agar bank tetap memiliki kepercayaan kepada Anda. Sebab, laporan keuangan usaha kita jelas.*

Kategori :