Pengen Pinjam Modal Usaha ke Bank, Lakukan Hal Ini Agar Usaha Berkembang dan Utang Lunas

Minggu 21-01-2024,15:08 WIB
Reporter : Lia Junita
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Permodalan merupakan salah satu dasar saat akan memulai usaha. Oleh karena itu, para pelaku bisnis yang kekurangan modal banyak memilih meminjam Bank, baik itu untuk modal memulai usaha, menjalankan usaha atau meningkatkan usaha. 

Meminjam uang untuk modal usaha ke bank, baik itu melalui jalur program Kredit Usaha Mandiri (KUR) atau jalur pinjaman umum merupakan hal yang sah-sah saja.

Hanya saja, langkah itu harus juga dilakukan dengan perhitungan matang, agar pinjaman modal bisa dilunasi dan usaha berkembang.

BACA JUGA:Resmi Tersangka, Oknum Guru Pelaku Cabul 24 Siswi di MSS Terancam Dipecat Sebagai PNS

Lantas, bagaimana tips meminjam uang ke bank untuk memulai usaha? Berikut hal-hal yang perlu dilakukan :

- Sesuaikan plafon pinjaman

Andy Nugroho seorang ahli perencana keuangan menyampaikan, bahwa saat akan meminjam uang ke bank untuk memulai usaha, maka plafon pinjaman uang nya harus di sesuaikan dengan kemampuan membayar.

Selain itu, skor kredit harus bagus. pasalnya, jika riwayat kredit Anda jelek.  Misalkan, ada tunggakan kartu kredit ataupun pinjaman online ilegal, maka akan berdampak pada ditolaknya pengajuan pinjaman uang Anda.

BACA JUGA:Kenali, Ini Macam-macam KUR BNI 2024, yang Siap Biayai Modal Usaha Kamu

- Menggunakan jaminan

Jika ingin pinjaman Anda dapat cepat disetujui, pakailah jaminan atau agunan yang nilainya tinggi. Jaminan itu paling tidak nilainya setara dengan nominal jumlah yang ingin kita pinjam.

Barang yang digunakan sebagai jaminan biasanya rumah, kendaraan bermotor, logam mulia, ataupun barang-barang lain yang bernilai tinggi serta memiliki sertifikat.

Kemudian, tentukan tenor pinjaman. Jika tenor pinjaman semakin lama, maka cicilan pembayaran bulanannya akan semakin kecil dan ringan.

Namun bila tenornya singkat, maka cicilan pembayarannya akan lebih besar, namun lebih cepat selesai juga.

BACA JUGA:Kenali, Ini Macam-macam KUR BNI 2024, yang Siap Biayai Modal Usaha Kamu

Kategori :