Tak Ada Indonesia, Ini 6 Negara Bebas Korupsi di Dunia

Jumat 19-01-2024,22:00 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Korupsi merupakan perbuatan yang merusak dan menjadi salah satu masalah paling besar dalam membangun negara yang adil dan berkelanjutan.

Tetapi, ada beberapa negara sudah berhasil melawan korupsi dengan sukses, membentuk dasar yang kuat demi kesejahteraan dan keberlanjutan. Dibawah ini ada beberapa negara paling bersih dari korupsi, diantaranya.

1. Denmark

Denmark kerap menduduki urutan teratas dalam daftar negara yang bersih dari korupsi. Bisnis di negara ini bisa berjalan dengan baik tanpa cemas terhambat oleh korupsi, suap, ataupun pemerasan.

Negara ini juga merupakan salah satu negara paling makmur dengan angka pengangguran yang palinv kecil, akses memperoleh pekerjaan yang gampang, dan pendapatan yang besar di bermacam sektor. Pajak negara dikelola dengan sangat baik sehingga akan memberi banyak manfaat bagi masyarakatnya.

BACA JUGA:Rekomendasi Produk Kamera Parkir Mobil yang Awet dan Murah, Udah Nggak Takut Nyenggol Lagi

2. Finlandia

Negara ini sangat menjunjung tinggi transparansi, keterbukaan, dan keterlibatan masyarakat dalam penyelenggaraan negara serta pemberantasan kasus korupsi.

Finlandia juga merupakan salah satu negara yang paling aman dan mempunyai tingkat kebahagiaan tinggi. Hampir seluruh rakyat Finlandia puas akan kehidupan dan kinerja dari pemerintahnya.

3. Selandia Baru

Selandia Baru merupakan satu-satunya negara di Pasifik yang termasuk ke dalam deretan negara bebas korupsi. Regulasi yang dipunya oleh negara itu dinilai efektif mencegah semua jenis tindak korupsi. Selandia Baru menetapkan hukuman penjara selama 14 tahun bagi siapa saja yang terbukti melakukan korupsi, suap, hingga gratifikasi.

4. Norwegia

Indeks Persepsi Korupsi (IPK) tahun 2022 meletakkan Norwegia masuk urutan ke empat sebagai negara dengan tingkat korupsi yang palinb rendah. Transparansi, tata kelola yang baik, dan sistem hukum yang tegas dan juga efektif, sudab membantu negara tersebut meminimalkan kasus korupsi pada tatanan birokrasinya.

BACA JUGA:Begini Cara Tes Keaslian Batu Mani Gajah, Cukup Gunakan Air Cuka

5. Singapura

Kategori :