Penderita Diabetes Wajib Tahu, Ini 4 Minuman Ampuh untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Kamis 18-01-2024,16:48 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Gula darah tinggi sering dihubungkan dengan diabetes dan prediabetes. Prediabetes merupakan kondisi ketika gula darah tinggi, tetapi tidak diklasifikasikan sebagai diabetes.

Banyak faktor yang menyebabkan gula darah tinggi mulai dari stres, pola makan buruk, sampai kesalahan diet.

Menjaga gula darah tetap pada dalam kadar yang normal penting untuk setiap orang, khususnya penderita diabetes. Salah satu caranya bisa dengan mengonsumsi beberapa jenis minuman nikmat yang sehat.

BACA JUGA:Bau Mobil Menyengat Bikin Mabuk? Tenang, Ini Cara Praktis Menghilangkan Bau Mobil, Auto Nyaman Donk

Berikut ini beberapa minuman untuk membantu menurunkan gula darah:

1. Kopi

Penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi secangkir kopi bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2, khususnya untuk kopi tanpa kafein. Dikatakan begitu lantaran senyawa kopi yang disebut fitokimia bisa mendukung kesehatan sel pada hati dan pankreas. Hal ini bisa mempertahankan fungsi insulin.

2. Teh Hitam

Jika tidak suka kopi maka teh bisa menjadi pilihan. Senyawa dalam teh bisa meningkatkan resistensi insulin dan mengurangi peradangan. Peneliti juga mengatakan bahwa teh bisa membantu mengelola diabetes. 

3. Teh Hijau

Jenis teh lain yang baik untuk menurunkan kadar gula darah yaitu teh hijau. Teh hijau memiliki manfaat untuk menurunkan kadar glukosa darah serta memblokir beberapa penyerapan karbohidrat. Apalagi teh hijau merupakan minuman nol kalori yang baik dikonsumsi tanpa gula dalam menjaga gula darah tetap stabil.

BACA JUGA:SocialSpy WhatsApp, Aplikasi Populer yang Bisa Sadap dan Lacak Akun WA Secara Rinci, Begini Cara Gunakannya

4. Susu

Protein dalam susu sapi bisa menurunkan respons glukosa darah sesudab makan bagi orang yang menderita diabetes atau pun tidak. Hal ini akan berdampak positif untuk kadar gula darah yang stabil. Cara terbaik yaitu dengan memilih susu tanpa lemak ataupun rendah lemak.

5. Jus Tomat

Kategori :