Sesungguhnya Ada 4 Golongan Manusia Dibumi yang Paling Ditakuti Setan, Siapa Saja?

Senin 15-01-2024,04:30 WIB
Reporter : Lia Junita
Editor : Septi Maimuna

Faqih merupakan seseorang yang ahli dalam bidang ilmu agama atau ada juga yang menyebutnya sebagai ahli fiqih (hukum agama).

Ada sebuah riwayat dari Ibnu Abbas yang menyebut bahwasanya "Seorang fakih lebih ditakuti setan daripada seribu orang ahli ibadah yang bodoh." Hal tersebut disebabkan karena orang ahli fiqih memahami betul seluk beluk agama dan membuatnya tahu apa yang akan ia lakukan ketika berhadapan dengan setan.

3. Orang yang Alim

Orang yang alim dijelaskan sebagai orang yang ahli dalam bidang ilmu agama, Ia memiliki ilmu dalam kehidupan beragamanya.

Sehingga setan takut untuk menggoda orang-orang golongan ini. Sebab mereka menjalani hidup dengan berpegang teguh terhadap agama dan Alquran serta hadits sesuai dengan apa yang ia pelajari dengan ilmunya.

BACA JUGA:Kisah Hartini, Ibu Negara yang Dibenci oleh Masyarakat Indonesia

4. Orang yang Muklas

Salah satu golongan manusia yang ditakuti syaitan adalah orang Muklas berarti orang yang hatinya telah dibersihkan dan disucikan oleh Allah SWT. Sehingga di dalam hatinya tidak memiliki keburukan sedikitpun yang membuatnya terjerumuk ke dalam lubang kesalahan. Hal ini diterangkan dalam Al-Qur'an surah Al Hijr ayat 39-41. Allah SWT berfirman,

قَالَ رَبِّ بِمَآ اَغْوَيْتَنِيْ لَاُزَيِّنَنَّ لَهُمْ فِى الْاَرْضِ وَلَاُغْوِيَنَّهُمْ اَجْمَعِيْنَۙ ٣٩ اِلَّا عِبَادَكَ مِنْهُمُ الْمُخْلَصِيْنَ ٤٠ قَالَ هٰذَا صِرَاطٌ عَلَيَّ مُسْتَقِيْمٌ ٤١

Artinya: Ia (Iblis) berkata, "Tuhanku, karena Engkau telah menyesatkanku, sungguh aku akan menjadikan (kejahatan) terasa indah bagi mereka di bumi dan sungguh aku akan menyesatkan mereka semua, kecuali hamba-hamba-Mu yang terpilih (karena keikhlasannya) di antara mereka." Dia (Allah) berfirman, "Ini adalah jalan lurus yang Aku jamin (ditunjukkan kepada hamba-hamba-Ku itu).

Itulah tadi keempat jenis golongan orang-orang yang ditakuti oleh setan, Apakah kamu termasuk ke dalam empat golongan tersebut!

Kategori :