Mau Berdiri di Atas Awan, Gunung Dempo Bisa Jadi Pilihan

Sabtu 02-12-2023,12:00 WIB
Reporter : Rendi Bintara Yudha
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Bagi para pendaki, Gunung Dempo mungkin adalah salah satu tempat yang wajib untuk dikunjungi, gunung Dempo yang terletak di Pagar Alam Kabupaten Sumatera Selatan ini memang menawarkan banyak sekali keindahan.

Gunung Dempo sendiri merupakan gunung berapi aktif yang masuk dalam Seven Summit di pulau Sumatera.

Untuk mecapai puncak gunung Dempo memang tidak mudah, hal ini karena bukan hanya diperlukan niat tetapi tekad dan kerja keras. 

Untuk bisa sampai ke puncak, ada dua jalur yang bisa untuk di lalui. Yang pertama adalah jalur kampung 4 dan satu nya lagi Melewati jalur tugu Rimau, tentunya kedua jalur itu memiliki perbedaan dan kesulitan masing-masing.

BACA JUGA:Tips Membuat Aviary Mini di Halaman Rumah, Lingkungan Nyaman, Hobi Tersalurkan, Pecinta Burung Wajib Tahu

Jika ingin melewati jalur Kampung 4 para pendaki akan di suguhkan dengan pemandangan kebuh teh pada awal perjalanan.

Melewati jalur ini para pendaki memang bakal mendapatkan banyak sekali jalan yang sedikit  landai. namun meskipun jarak tempuh perjalanan untuk mencapai puncak cukup berbeda jauh jika dibandingkan melewati tugu Rimau 

Biasanya bagi para pendaki gunung Pemula, yang melewati jalur kampung 4 akan menghabiskan waktu perjalanan selama 8-10 jam perjalanan.

Jika melewati jalur ini para pendaki juga sering untuk menginap di tengah perjalanan karena sudah Kelelahan atau  hari yang sudah malam.

BACA JUGA:Lezat Tapi Berbahaya Bagi Kesehatan, Begini Efek Samping Kol Goreng yang Harus Diperhatikan

Jika ingin lebih cepat para pendaki bisa melewati jalur tugu Rimau, namun tentunya jalur ini jauh lebih berat jika dibandingkan tugu Rimau. Sebab dari awal perjalanan para pendaki akan langsung digempur dengan banyak sekali jalan curam

Biasanya para pendaki menghabiskan waktu selama 7-8 jam jika melalui jalur tugu Rimau dengan Medan yang sangat berat.

Akan tetapi meskipun, perjalanan untuk sampai di puncak gunung Dempo ini sangat melelahkan semua itu bakal terbayar lunas jika sudah berhasil sampai puncak.

Sebab dengan ketinggian yang mencapai 3142 MDPL pada pendaki akan merasakan sensasi berdiri diatas Awan. Tidak hanya itu jika sedang beruntung pendaki bisa menikmati kawah gunung Dempo yang bisa berubah warna.*

Kategori :