5 Keutamaan Membaca Surat Al-Mulk Sebelum Tidur, Terhindar dari Siksa Kubur Hingga Menaikan Derajat Seseorang

Minggu 05-11-2023,02:34 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Setiap surat yang tercantum didalam Al-Qur'an mempunyai keutamaan masing-masing. Salah satunya surat yang punya keutamaan dahsyat yaitu Surat Al-Mulk.

Terdiri dari 30 ayat, Surat Al-Mulk termasuk golongan surat Makiyyah. Didalam surat ini terkandung makna mengenai kekuasaan Allah ketika menciptakan dunia.

Berikut ini 5 Keutamaan Membaca Surat Al-Mulk sebelum tidur:

1. Dijauhkan dari Maksiat

Saat seseorang membaca surat Al Mulk secara rutin, niscaya hati orang tersebut akan tergugah untuk menjauhkan diri dari perbuatan yang mengundang maksiat atau perbuatan yang dibenci oleh Allah SWT serta perbuatan yang mengundang dosa. Hal ini tercantum dalam surat Al Mulk ayat 12.

BACA JUGA:Kenapa saat Magrib Pintu Rumah Harus Ditutup? Begini Kata Rasulullah

2. Menaikan Derajat Seseorang

Allah sudah menetapkan 30 kebaikan, 30 ampunan dan ditinggikan 30 derajat bagi siapapun yang rutin membaca surat Al Mulk. Keutamaan dari surat ini juga tercantum dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ad Dailami.

3. Selamat dari Siksa Kubur dan Siksa Neraka

Dalam agama Islam, siksa kubur adalah suatu hal yang sangat pedih, terutama untuk seseorang yang belum atau tidak mempersiapkan diri dengan amalan-amalannya.

Supaya terhindar dari siksa kubur yang pedih, maka umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan sunnah, salah satunya yaitu dengan membaca dan mengamalkan surat Al Mulk.

BACA JUGA:Kasus Cacar Monyet di Indonesia Makin Meningkat, Ketua DPR RI Minta Pemerintah Memperluas Jangkauan Tracing

4. Pertolongan di Hari Kiamat

Sebagai umat muslim yang beriman, dianjurkan kepada seluruh umat muslim intuk menyiapkan diri pada hari kiamat. Ada satu cara untuk memperbanyak amalan sebelum hari kiamat tiba, yaitu dengan membaca Al-Quran dan surat Al Mulk untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menjauhkan diri dari semua perbuatan dosa.

5. Masuk Surga atas Ridho Allah

Kategori :