Gen Z Harus Dikasih Paham, Ini Doa untuk Kesehatan Mental Agar Jiwa Tahan Banting Menghadapi Cobaan

Rabu 18-10-2023,02:07 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Banyaknya kasus bundir (bunuh diri) yang terjadi di Indonesia belakangan ini semakin mengkhawatirkan. Hal seperti ini bisa terjadi karena kesehatan mental yang melemah.

Tekanan batin yang dialami umat islam terutama Gen z bisa menimbulkan berbagai mavam gangguan kesehatan mental mulai dari stress, depresi, sampai gangguan cemas. Permasalahan seperti ini tidak bisa disepelekan begitu saja.

Saat ada yang mengalami tekanan batin, seharusnya jangan dikucilkan, dianggap berbeda, atau tidak pantas berada di lingkungan sekitar.

BACA JUGA:Apel Gelar Pasukan OPS Mantab Brata, Kapolres : Pasukan Pengaman Pemilu 2024

Jika umat muslim yang sedang mengalami tekanan batin, alangkah baiknya untuk diberi dukungan dari orang terdekat dan memperoleh penangan yang baik dari sang ahli.

Tak hanya itu, lafalkan pula doa kesehatan mental setiap hari. Jika kita rutin membaca doa kesehatan mental, InsyaAllah akan diberikan ketenangan hati dan diangkat semua beban yang menjadi penyebab umat-Nya mengalami tekanan batin sampai menjadi masalah mental.

Tekanan batin dan masalah mental lainnya akan Allah SWT ganti dengqn kenikmatan dan keberkahan yang dahsyat untuk umat muslim.

BACA JUGA:Dibalik Rasanya yang Pahit, Ternyata Lewat Secangkir Kopi Bisa Menjaga Stamina dan Kesehatan Tubuh

Berikut ini doa kesehatan mental yang bisa dibaca setiap hari oleh umat muslim khususnya gen z.

“Yā hayyu, yā qayyūmu, bi rahmatika astaghītsu, ashlih lī sya’nī kullahū, wa lā takilnī ilā nafsī tharfata ‘aynin”.

Artinya:

“Wahai Zat yang maha hidup dan maha kekal abadi, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan. Bawakanlah kemaslahatan pada segala urusanku. Janganlah Kaubiarkan aku sendiri menyelesaikan urusan meski sekejap.” (HR An-Nasai, Ibnu Sunni, Al-Hakim, Al-Baihaqi).*

Kategori :