WHOOSH, Nama untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Netizen: Kenapa Bukan Sat-Set Aja?

Jumat 22-09-2023,19:15 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Whoosh adalah singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal dan Sistem Handal.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan nama tersebut diambil sesuai dengan pengalaman para menteri dan Presiden Jokowi ketika menjajal kereta cepat. Bahkan, kata Whoosh juga dianggap bisa menggambarkan kecepatan.

"Pak Pratikno bersama Pak Presiden sedanv berdiskusi dalam kereta cepat, kemudian saya gabung, beliau bilang, kalau cepat di Indonesia namanya whoosh," ucap Budi pada konferensi pers, Kamis (21/9).

Baginya, nama Whoosh juga cukup unik dan akrab di telinga masyarakat.

"Malah jadi unik, saya pikir ini menjadi satu pernyataan yang menggembirakan, sebab saya juga surprise dengan nama ini. Sama surprisenya dengan kereta cepat yang cepatnya tanpa ada gangguan," terang Budi.

BACA JUGA:Menelusuri Kekayaan Budaya Masyarakat Jawa : Budaya dan suku

Sekarang ini, pembuatan logo Whoosh masih dalam tahap penilaian. Sayembara pembuatan logo telah dimulai sejak Bulan Juli lalu.

Triawan Munaf selamu Ketua tim panel penilai lomba Identitas Jenama (nama dan logo) Kereta Cepat Indonesia, menyampaikan sekarang ini sudah ada 3 logo unggulan dan pemenangnya akan segera diumumkan.

Whoosh dalam bahasa Inggris memang maknanya sama, cepat. Kami itu mencari istilah yang bukan hanya diterima lokal saja, namun di internasional juga," terang Triawan.

Ke depan, kalau logo WHOOSH sudah ditentukan, nama tersebut akan terpampang di gerbong kereta cepat. Bahkan, logo itu juga akan mewarnai bagian interior kereta.

BACA JUGA:3 Shio dengan Peruntungan Terbaik di Akhir September 2023, Siap-Siap Jadi Jutawan

Seusai nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh resmi diumumkan, netizen ramai memberikan pendapat di media sosial.

Beberapa netizen menyorot singkatan dari Whoosh yakni Waktu Hemat, Operasi Optimal dan Sistem Handal, tepatnya pada kata 'handal'. Sebab, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata 'handal' adalah bentuk tidak baku dari 'andal'.

Sedangkan banyak netizen yang ikut memberikan saran nama untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

"kenapa gak dikasih nama 'SAT SET' aja sih? Lebih merakyat~" tulis @adim**

Kategori :