Percepat Pembangunan, Pemdes Suka Baru Gelar Musdus RKPDes dan Musrenbangdes

Selasa 15-11-2022,18:12 WIB
Reporter : Sigit Haryanto

MARGA SAKTI SEBELAT RU.ID - Upaya percepatan dalam mewujudkan program pembangunan desa untuk 6 tahun kedepan mulai dilakukan oleh Pemerintah desa (Pemdes) Suka Baru, Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS). 

Percepatan program pembangunan ini diawali dengan melaksanakan Musyawarah Dusun (Musdus) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2023 sekaligus Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun 2024 yang diselenggarakan serentak pada Selasa (15/11) hari ini.

Hadir dalam rangkaian kegiatan Musdus RKPDes TA 2023 dan Musrenbangdes TA 2024 di Desa Suka Baru diantaranya, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kasi PMD) Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS), Joni Ismanto, ST, Kepala Desa Suka Baru, Edi Putra Jaya, Ketua BPD Suka Baru berikut jajaran aparatur desa dan perwakilan masing-masing masyarakat di lingkungan desa ini. 

Kades Suka Baru, Edi Putra Jaya mengatakan, upaya percepatan pembangunan yang tengah ditempuh oleh pihaknya saat ini adalah bagian dari langkah konkret dirinya dalam menyegerakan program kerja desa sesuai visi dan misi yang sebelumnya telah diusungnya demi mendukung kemakmuran masyarakat desa. 


Kegiatan Musdus RKPDes tahun 2023 dan Musrenbangdes Desa Suka Baru tahun 2024--

Sehingga kata Edi, berbagai program pembangunan di desanya saat ini sudah dimulai bersama aparatur desa, lembaga BPD dan masyarakat melalui beberapa agenda musyawarah desa. 

"Percepatan pembangunan tengah kita upayakan untuk mewujudkan kemakmuran masyarakat melalui strategi pembangunan yang sebelumnya sudah kita programkan lewat visi-misi. Dan seluruh rangkaian dari program kerja yang ingin kita capai itu sedang kita awali lewat beberapa agenda musyawarah bersama seperti Musdus RKPDes TA 2023 dan Musrenbangdes TA 2024 yang kita gelar hari ini," ungkapnya.

Melalui Musdus RKPDes dan Musrenbangdes ini diharapkan strategi pembangunan yang direncanakan oleh desa bisa sejalan dengan keinginan atau persoalan-persoalan yang dialami oleh masyarakat. 

"Sudah menjadi suatu keharusan masyarakat di desa merasakan hasil pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah di wilayah desa. Karena masyarakat memang mengharapkan adanya pembangunan yang nyata dan merata. Sehingga Musdus RKPDes dan Musrenbangdes ini penting kita laksanakan. Agar pembangunan yang kita rencanakan bisa terarah sesuai keinginan dan kebutuhan masyarakat," pintanya.

Lebih jauh, Edi, menambahkan, selain menuntaskan tahapan Musdus RKPDes TA 2023 dan Musrenbangdes TA 2024. Pihaknya juga telah berhasil menuntaskan rencana pembangunan yang akan direalisasikan oleh desa dalam mendukung kemakmuran masyarakat selama 6 tahun kedepan dengan melaksanakan penetapan dokumen RPJMDes.

"Di momen bersamaan kita juga melangsungkan penetapan terhadap dokumen RPJMDes. Dengan demikian kita telah bersiap untuk melakukan serapan anggaran dalam rangka menyukseskan pembangunan-pembangunan yang telah kita gagas selama 6 tahun kedepan," demikian Kades. (adv)

Kategori :