Puskeswan Harus Pantau Hewan Qurban

Kamis 16-06-2022,09:14 WIB

MUKOMUKO RU.ID - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Apriansyah, ST, MT mengingatkan, seluruh Puskeswan yang ada di daerah ini agar memantau hewan qurban sebelum disembelih pada hari raya Idul Adha nanti. Ini untuk memastikan, seluruh hewan qurban yang akan dilakukan penyembelihan kondisinya sehat dan dagingnya pun layak dikonsumsi oleh masyarakat. Meski Apriansyah juga akui, kerja itu sangat berat karena keterbatasan jumlah petugas kesehatan hewan ternak yang ia miliki. 

Untuk itu, guna membantu melaksanakan pemeriksaan hewan qurban nanti, pihaknya akan meminta bantuan petugas peternakan kecamatan (PPK) termasuk petugas penyuluh pertanian kecamatan. Mereka nanti diharapkan dapat membantu para dokter hewan memiriksa hewan – hewan yang akan dipotong, baik di Masjid dan di lapangan. 

“Saat ini kami hanya memiliki tiga Puskeswan yaitu Ipuh, Penarik dan Air Manjunto. Masing-masing Puskeswan menaungi sebanyak 5 kecamatan. Meski demikian, kami sangat berharap agar sehari sebelum ternak itu disembelih, petugas bisa melakukan pemeriksaan kesehatan ternak. Untuk pemeriksaan, para dokter hewan nanti akan dibantu PPK dan penyuluh pertanian,” ungkap Apriansyah.

Selain memantau kondisi hewan sebelum disembelih. Petugas kesehatan hewan, diharapkan Apriansyah, juga dapat mengecek kondisi daging usai penyembelihan. Ini untuk mengetahui, apakah daging tersebut ada indikasi penyakitnya atau tidak. Ia tidak menginginkan daging qurban yang nantinya akan dikonsumsi masyarakat, mengandung penyakit.

“Saya tidak ingin hhal itu terjadi. Makanya, saya berharap petugas kesehatan hewan betul – betul turun ke lapangan mengecek kondisi hewan dan daging qurban sebelum dibagi-bagikan kepada masyarakat,” harap Apriansyah. (rel)

 

Tags :
Kategori :

Terkait