Tangani Irigasi Jebol, BWS PUPR Gotong Royong Perbaikan Darurat di Bengkulu Utara

Tangani Irigasi Jebol, BWS PUPR Gotong Royong Perbaikan Darurat di Bengkulu Utara

Tangani Irigasi Jebol, BWS PUPR Gotong Royong Perbaikan Darurat di Bengkulu Utara--

PADANG JAYA, RADARUTARA.ID - Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera VII Bengkulu Kementerian PUPR melakukan penanganan darurat untuk memperbaiki saluran irigasi yang jebol di Desa Sido Luhur, Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu.

Irigasi primer bendungan Air Lais itu kondisinya sangat memperhatikan. Untuk menjaga aliran irigasi ke Desa Marga Sakti, Desa Tambak Rejo dan Padang Jaya berjalan dengan lancar.

Maka petugas pengawasan irigasi di wilayah itu dibantu masyarakat setempat melakukan perbaikan secara darurat dengan cara Gotong Royong.

"Kita telah berkoordinasi dengan pihak BWS terkait kondisi irigasi tersebut dan hari ini kami melakukan penanganan darurat dengan cara Gotong Royong," kata Subari, petugas pengawasan irigasi di Padang Jaya, Sabtu (3/8/2024).

Ia mengatakan penanganan perlu segera dilakukan mengingat dinding irigasi yang terbuat dari beton di BL 3 itu mengalami jebol dan di beberapa titik sudah ada kebocoran lantaran termakan usia.

Sehingga, lanjutnya pasokan dari bendungan Air Lais tersebut tidak maksimal untuk mengaliri kebutuhan masyarakat di 3 desa di Kecamatan Padang Jaya.

"Setelah menyurati pemerintah desa dan kecamatan untuk dilakukan penutupan air sementara, kami hari ini melakukan Gotong Royong memperbaiki irigasi di BL3 ini," jelasnya.

Ia mengatakan, terkait penyebab bangunan irigasi tersebut jebol, ia menduga akibat debit air yang sangat deras dan besar, sehingga tidak tertampung lagi jaringan irigasi.

Selain itu, katanya, kemungkinan ada juga sedikit tanah penahan irigasi longsor di lokasi tersebut sehingga dinding irigasi mengalami jebol.

"Kami sudah laporkan ke BWS, semoga Irigasi tersebut segera direhap permanen," demikian Subari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: