Ternyata Segini Harga Trofi Piala Dunia yang Terbuat dari Emas 18 Karat, Capai Miliaran Rupiah!

Ternyata Segini Harga Trofi Piala Dunia yang Terbuat dari Emas 18 Karat, Capai Miliaran Rupiah!

Ternyata Segini Harga Trofi Piala Dunia yang Terbuat dari Emas 18 Karat, Capai Miliaran Rupiah!--

RADARUTARA.ID - Piala Dunia merupakan salah satu even yang paling dinanti bagi pencinta sepak bola di Muka Bumi ini. Piala Dunia yang cuma dilaksanakan sebanyak 4 tahun sekali membuat kompetisi tersebut paling dinanti.

Lantas Berapa Harga Trofi Piala Dunia?

secara resmi trofi Piala Dunia dibuat dari emas seberat 18 karat (75%). Trofi ini mempunyai dasar berdiameter 13 cm yang memperlihatkan dua strip perunggu dengan tinggi 36,5 cm dan berat mencapai 6,175 kg.

Adapun jumlah emas yang dipakai membentuk sebagian besar trofi Piala Dunia bernilai sekitar US$ 161.000 atau setara dengan Rp 2,51 miliar (jika kurs Rp 15.600/dolar AS). Tetapi secara keseluruhan trofi ini bernilai US$ 20 juta atau sekitar Rp 312 miliar.

BACA JUGA:Awas Keliru, Ketahui Perbedaan Buku Nikah dan Kartu Nikah

Walaupun demikian, pemenang tidak diperbolehkan untuk membawa pulang trofi Piala Dunia yang asli, melainkan trofi replika yang terbuat dari kuningan dan berlapis emas. Karena trofi Piala Dunia yang asli wajib disimpan di Museum Sepak Bola Dunia FIFA di Zurich, Swiss dan ini sudah diterapkan dari waktu ke waktu.

Selain itu trofi ini juga banyak dipakai untuk upacara dan penampilan di undian maupun acara resmi Piala Dunia. Lantaran trofi emas ini tidak boleh dibawa pulang maupun dimiliki oleh negara tertentu.

Sedangkan tim pemenang cuma bisa menerima replika perunggu berlapis emas, di luar itu para pemain individu dan anggota staf kunci segalanya juga diberikan medali emas mereka sendiri. Sehingga pemenang tidak pulang dengan tangan kosong.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: