Ketahui 5 Larangan di Bulan Muharram, Apa Saja?

Ketahui 5 Larangan di Bulan Muharram, Apa Saja?

Ketahui 5 Larangan di Bulan Muharram, Apa Saja?--

RADARUTARA.ID- Bulan Muharram merupakan salah satu bulan suci yang dianggap sakral oleh umat muslim, dan menjadi bulan yang paling istimewa. Itu sebabnya ada beberapa larangan yang tidak boleh dikerjakan oleh umat muslim pada bulan tersebut. Apa saja larangan-larangannya?

Sebagai awal bulan di tahun baru hijriah, Muharram dianggap sebagai bulan yang penuh dengan keberkahan, sebab di dalamnya ada hari Asyura pada tanggal 10 Muharam, yang dianggap punya keutamaan khusus.

Itu sebabnya, pada bulan Muharam umat muslim diperintahkan untuk memperbanyak ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Ramai Dipersoalkan, Berikut Syarat untuk Mendapatkan Gelar Profesor di Indonesia

Tetapi, ada juga beberapa larangan di bulan Muharram yang penting untuk diketahui umat muslim, diantaranya:

1. Larangan untuk Berperang

Peperangan adalah salah satu tindakan yang dilarang dalam bulan Muharram dan dilarang juga pada bulan suci kalender Islam, seperti Rajab, Dzul-Qa’dah, dan Dzul-Hijjah. Maka dari itu, alangkah baiknya seorang muslim untuk menghindari perselisihan atau konflik yang merugikan orang lain, apalagi yang mengacu kepada tindakan peperangan.

2. Larangan Melakukan Tindak Kekerasan

Saat bulan suci Muharram, seorang Muslim dilarang untuk mengerjakan tindak kekerasan, baik kepada sesama Muslim ataupun kepada orang lain yang berbeda agama dan keyakinan. Sebagai seorang Muslim kita wajib meneladani akhlak Rasulullah SAW yang senantiasa bersikap lembut, sabar, dan adil kepada semua orang.

BACA JUGA:Doa yang Dibaca Saat Telinga Berdenging, Lengkap dengan Artinya

3. Dilarang Membunuh Hewan untuk Tujuan Hiburan

Bulan Muharram adalag salah satu bulan kesedihan bagi umat Islam lantaran adanya peristiwa Karbala yang menimpa cucu Nabi Muhammad SAW, yakni Husain bin Ali. Maka dari itu, umat Islam dianjurkan untuk menghormati hingga mengenang peristiwa tersebut dengan tidak bersuka ria, hura-hura maupun berpesta.

4. Larangan Membunuh Hewan untuk Tujuan Hiburan

Membunuh hewan sebagai tujuan hiburan merupakan salah satu hal yang dilarang untuk dilakukan pada bulan Muharram. Ini karena hewan wajib diperlakukan dengan belas kasihan dan tidak boleh disakiti tanpa alasan yang benar, khususnya di bulan suci ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: