Kapan Puasa Asyura 2024? Berikut Jadwal, Niat dan Keutamaannya

Kapan Puasa Asyura 2024? Berikut Jadwal, Niat dan Keutamaannya

Kapan Puasa Asyura 2024? Berikut Jadwal, Niat dan Keutamaannya--

- Mengerjakan sunah makan sahur

- Tidak mengerjakan hal-hal yang membatalkan ataupun dapat mengurangi pahala puasa

- Memperbanyak shalat sunah, membaca Al-Qur'an dan amalan baik lainnya

- Menyegerakan berbuka setelah mendengar azan Magrib

- Membaca doa buka puasa

Keutamaan Puasa Asyura

Nahdlatul Ulama dalam laman resminya menjelaskan bahwa, terdapat keutamaan saat mengerjakan puasa Asyura. Keutamaan pertama, yakni penghapusan dosa setahun yang lalu. Sementara itu untuk keutamaan kedua, yakni sehari puasa setara dengan 30 hari puasa.

Kedua keutamaan ini didasarkan pada dua hadis, hadis riwayat Muslim dan hadis riwayat at-Thabarani dalam al-Mu'jamus Shaghîr. Berikut bunyi kedua hadis tersebut:

سُئِلَ عَنْ صِياَمِ يَوْمِ عَاشُوْرآءَ؟ قَالَ: يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

Artinya: "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam ditanya tentang puasa hari Asyura, beliau menjawab: "Puasa pada hari Asyura menghapuskan dosa setahun yang lalu." (HR. Muslim, No: 1977)

عَنِ ابْنِ عَبَّاس رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ صَامَ يَوْمَ عَرَفَةَ كَاَن لَهُ كَفَارَةً سَنَتَيْنِ، وَمَنْ صَامَ يَوْمًا مِنَ الْمُحَرَّمِ فَلَهُ بِكُلِّ يَوْمٍ ثَلَاثُونَ يَوْمًا. (رواه الطبراني في الصغير وهو غريب وإسناده لا بأس به)

Artinya: "Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata: 'Rasulullah saw bersabda: 'Orang yang berpuasa pada hari Arafah maka menjadi pelebur dosa dua tahun, dan orang yang berpuasa sehari dari bulan Muharram maka baginya sebab puasa setiap sehari pahala 30 hari puasa'." (HR at-Thabarani dalam al-Mu'jamus Shaghîr. Ini hadits gharîb tetapi sanadnya tidak bermasalah).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: