Selain Puasa, Ini 4 Amalan yang Dianjurkan pada 10 Muharram

Selain Puasa, Ini 4 Amalan yang Dianjurkan pada 10 Muharram

Selain Puasa, Ini 4 Amalan yang Dianjurkan pada 10 Muharram--

RADARUTARA.ID- Muharram merupakan bulan pertama dalam kalender hijriyah yang memiliki keutamaan serta makna penting bagi umat muslim. Di bulan ini Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekah ke Madinah. Selain itu, di bulan Muharram juga ada hari yang istimewa, yakni hari Asyura yang jatuh pada tanggal 10 Muharram. 

Maka dari itu, umat muslim di seluruh dunia menyambut bulan ini dengan penuh suka cita dengan mengerjakan berbagai amalan yang dianjurkan. Untuk tahun ini tanggal 1 Muharram 1446 Hijriah jatuh pada hari Minggu, 7 Juli 2024.

Sebagai bulan pertama dalam penanggalan Islam, Muharram mempunyai berbagai keistimewaan. Hal ini sudah disebutkan dalam sabda Rasulullah SAW sebagai berikut ini: 

"Sesungguhnya, zaman berputar sebagaimana ketika Allah SWT menciptakan langit dan bumi. 1 tahun ada 12 belas bulan, di antaranya 4 empat bulan haram (suci), tiga bulan berurutan, yaitu Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Muharram, kemudian bulan Rajab suku Mudhar, antara Jumadil Tsani (Jumadil Akhir) dan Sya'ban." (HR. Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:Tips Mencuci Pakaian Putih agar Tetap Cerah Seperti Baru

Mengingat Muharram termasuk bulan yang penuh dengan peristiwa penting dan istimewa, maka hendaknya kita mengerjakan ibadah dan amal yang baik. 

Berikut ini ada beberapa amalan yang dianjurkan saat 10 Muharram:

* Puasa sunnah pada bulan Muharram, khususnyq Puasa Asyura pada tanggal 10 Muharram dan Puasa Tasu’a di tanggal 9 Muharram.

* Memperbanyak membaca surah Al-Ikhlas sebanyak 1.000 kali.

* Menghindari perbuatan buruk, maksiat. Kita dianjurkan untuk memperbanyak kebaikan sekecil apapun.

* Perbanyak sedekah dan melakukan pekerjaan dengan fokus dan ikhlas.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: