Gapoktan di Karya Jaya Siapkan Strategi untuk Hadapi Elnino, Kades: Insya Allah Produksi Tetap Terjaga

Gapoktan di Karya Jaya Siapkan Strategi untuk Hadapi Elnino, Kades: Insya Allah Produksi Tetap Terjaga

Gapoktan dan Pemdes Karya Jaya persiapkan sejumlah strategi untuk menghadapi Elnino--

RADARUTARA.ID- Sejumlah strategi dalam rangka menghadapi musim kemarau akibat fenomena Elnino di tahun 2024, ini mulai dipersiapkan oleh jajaran gabungan kelompok tani (Gapoktan), PPL Pertanian Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS) dan Pemdes Karya Jaya.

Startegi, ini dipersiapkan untuk memastikan dan menjaga agar hasil produksi pertanian di masa tanam ke dua di tahun, ini tetap terjaga.

"Kami bersama Gapoktan dan PPL Pertanian telah mempersiapkan beberapa startegi untuk menghadapi musim kemarau akibat fenomena Elnino yang diprediksi akan lebih parah dibanding tahun, lalu. Persiapan perlu kita lakukan, supaya Elnino yang terjadi nantinya tidak terlalu berdampak serius terhadap hasil produksi pertanian (padi) para petani kita," ujar Kades Karya Jaya, Waskito, Selasa (25/6).

BACA JUGA:Tim Saber Pungli Soroti PPDB di Kabupaten Bengkulu Utara

Adapun, kata Waskito, strategi yang telah dipersiapkan bersama jajaran Gapoktan dan PPL Pertanian di wilayah kerjanya saat, ini adalah dengan menyepakati tahapan jadwal tanam di musim kedua, mengoptimalkan pipanisasi dalam menjamin pasokan air irigasi serta mengoptimalisasi alat dan mesin pertanian (Alsintan).

"Musim tanam kedua kita sepakati akan dilakukan oleh petani secara bertahap dengan tetap menjaga pasokan air ke areal persawahan. Insya Allah dengan persiapan-persiapan yang kita lakukan hari, ini. Para petani bisa lebih siap dalam menghadapi cuaca kemarau yang disebabkan Elnino dan hasil produksi tetap terjaga," tandas Kades.

Selain, mempersiapkan strategi dalam menghadapi Elnino. Dalam agenda tersebut para Gapoktan dan jajaran Pemdes Karya Jaya juga sempat menyampaikan laporan kondisi keuangan kelompok dan melakukan pembentukan beberapa pengurus kelompok.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: