Banyak Penjual Cempedak di Pondok Kelapa Bengkulu, Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Banyak Penjual Cempedak di Pondok Kelapa Bengkulu, Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Banyak Penjual Cempedak di Pondok Kelapa Bengkulu, Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan--

RADARUTARA.ID-  Indonesia merupakan negara tropis dengan kekayaan alam yang berlimpah. menyimpan rahasia keajaiban buah lokal yang belum sepenuhnya terungkap. 

Walaupun keberagaman hayati yang tinggi, buah-buahan lokal seperti cempedak masih terpinggirkan kalau dibandingkan dengan buah impor di pasar domestik. 

Di Bengkulu, kamu bisa menemukan banyak penjual cempedak di kaki lima. Seperti di pasar Panorama, pasar Minggu, sepanjang jalan Pondok Kelapa, depan Gor Sawah Lebar dan di kawasan Pantai Panjang.

Cempedak memiliki nama latin Artocarpus integer, menawarkan kenikmatan daging yang tebal, manis, dan harum. Secara visual, bentuknya mirip seperti nangka, dengan aromanya khas seperti durian. 

BACA JUGA:Cuma 7 Menit, Begini Cara Mencairkan Daging Kurban yang Beku di Freezer

Bukan cuma lezat, cempedak juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat buah cempedak yang harus diketahui. Buah cempedak bukan cuma sekedar buah biasa, namun juga sebagai sumber energi yang luar biasa. 

Kandungan karbohidrat kompleksnya menjadikannya cocok sebagai camilan sebelum atau setelah aktivitas fisik. Bahkan, kandungan seratnya dapat membantu pencernaan dan mencegah sembelit, menjaga kesehatan usus, serta mengontrol kadar gula darah. 

Kekayaan nutrisi cempedak juga sangat luar biasa. Mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin C, A, B6, riboflavin, folat, niacin, dan juga kalium. Cempedak bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjaga keseimbangan elektrolit, hingga mencegah penyakit degeneratif dan penuaan dini. 

BACA JUGA:Masih Sering Makan Mie Dicampur Nasi? Ingat Bahaya Ini

Keistimewaan lainnya yaitu kemampuannya sebagai antioksidan alami, melindungi tubuh dari radikal bebas serya memperbaiki kerusakan sel. Selain itu, kandungan vitamin C didalamnya bisa membantu kesehatan kulit dan pembentukan kolagen. Sedangkan vitamin A penting bagi kesehatan mata. 

Tetapi, walaupun kaya akan manfaat, cempedak masih terabaikan di pasar domestik. Banyak masyarakat lebih membeli buah impor dengan anggapan lebih bergizi, padahal sebenarnya buah lokal tidak kalah bernutrisi dan lebih terjangkau jika dilihat dari harganya. 

Dengan meningkatkan kesadaran akan manfaat buah lokal, bukan cuma masyarakat yang akan diuntungkan, namun juga petani-petani lokal yang akan merasakan dampak positif dari peningkatan kepopuleran buah cempedak dan buah-buahan lokal lainnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: