Berapa Lama Daging Kurban Bisa Tahan Disimpan dalam Freezer?

Berapa Lama Daging Kurban Bisa Tahan Disimpan dalam Freezer?

Berapa Lama Daging Kurban Bisa Tahan Disimpan dalam Frezer?--

RADARUTARA.ID- Daging kurban tentu tidak akan kamu masak sekaligus dalam satu hari. Kamu mungkin akan menyimpannya di dalam freezer sebagai stok daging untuk dimakan kapan saja.

Namun, daging kurban yang tersimpan dalam freezer sebenarnya tahan berapa lama?

Perayaan Idul Adha memang identik dengan daging kurban. Daging-daging ini dapat diolah langsung menjadi beraneka ragam masakan, seperti sate, gulai, rendang, atau tongseng. Daging mentah memang bisa saja busuk, khususnya kalau disimpan di suhu ruang. Apalagi didalam daging juga mengandung bakteri yang cukup berbahaya bagi tubuh.

Ada dua jenis bakteri yang terkandung di dalam daging. Keduanya merupakan bakteri patogen dan bakteri yang dapat menyebabkan pembusukan.

BACA JUGA:Manfaat Kelapa Jelly, Cara Baru Nikmati Kesegaran Kelapa Muda di Bengkulu

Bakteri yang bersifat patogen akan berbahaya lantaran menyebabkan penyakit bawaan pada makanan. Bakteri ini tumbuh secara cepat di dalam makanan. Umumnya tidak bisa dideteksi dari pandangan mata, rasa, dan baunya.

Sedangkan bakteri yang menyebabkan pembusukan dapat mengubah rasa, bentuk, dan bau. Bakteri inilah yang membuat daging menjadi cepat busuk, khususnya kalau disimpan dalam suhu ruang.

Penyimpanan di freezer umumnya menjadi solusi terbaik untuk menyimpan daging. Itu sebabnya, kamu harus tahu daging kurban di freezer bisa tahan berapa lama.

Daging kurban ataupun daging biasa yang kamu beli di pasar pada dasarnya sama saja. Ketahanannya di dalam freezer juga tidak jauh berbeda.

BACA JUGA:Resep Minas ala Warkop Masjid Taqwa Arga Makmur, Dijamin Bikin Kenyang!

Sapi merupakan salah satu daging yang sering ada ketika kurban. Daging sapi tergolong tahan lama kalau kamu simpan di dalam kulkas atau freezer.

Selain itu, menurut Food and Drugs Administration (FDA) Amerika Serikat, kamu dapat menyimpan potongan daging sekitar 4-12 bulan di dalam freezer.

Sapi dan daging merah lainnya dapat bertahan dapam suhu dingin selama 5 hari. Namun kalau dibekukan, maka ketahanannya bisa sampai 12 bulan.

Lain halnya dengan daging yang sudah dimasak. Daging yang sudah dimasak cuma bisa bertahan 3-4 hari di dalam kulkas dan bisa disimpan di freezer hanya sekitar 2-3 bulan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: