Bacaan Doa Memohon Ampunan karena Mengulangi Kesalahan yang Sama

Bacaan Doa Memohon Ampunan karena Mengulangi Kesalahan yang Sama

Bacaan Doa Memphon Ampunan karena Mengulangi Kesalahan yang Sama--

RADARUTARA.ID- Hanya keledai yang jatuh dua kali pada lubang yang sama. Seperti itu ungkapan untuk seseorang yang terus mengulang-ulang kesalahannya. Kalau kesalahan tersebut berimbas dosa, tentu kita wajib memohon ampun. Perlu diketahui, Sesungguhnya ada doa memohon ampunan lantaran mengulangi kesalahan yang sama.

Doa memohon ampunan karena mengulangi kesalahan yang sama tersebut asalnya dari Mutharrif bin Abdillah yang tercantum dalam kitab Aqwalu Salaf. Bacaan doanya sebagai berikut:

Allahumma inni astaghfiruka mimma tubtu ilaika minhu summa udtu fih wa astaghfiruka mimma ja’altahu ala nafsi summa la uffi bihi laka wa astaghfiruka mima za’amta anni aradtu bihi wajhaka fakhalata qalbi minhu ma qad amiltu

Artinya; “Ya Tuhan, Aku memohon maaf kepadamu dari apa-apa yang telah aku sesali kemudian aku mengulanginya, dan aku memohon maaf atas apa yang telah engkau tetapkan namun ku tak melakukannnya, dan aku memohon ampun atas dugaanku terhadap-Mu yang membuat hatiku resah.”

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Susu Terbaik untuk Diet, Mudah Dicari dan Murah Meriah

Memanjatkan doa memohon ampunan karena mengulangi kesalahan yang sama lebih baik kertimbang menyesali berlarut-larut sampai akhirnya putus asa.

Allah senantiasa memberikan ampunan kepada setiap hamba yang datang kepada-Nya, karena Allah Maha Pengampun. Bahkan bagi seseorang yang melampaui batas pun, Allah masih saka memanggilnya untuk tidak berputus asa serta memohon ampunan kepada-Nya.

Dalam QS Az Zumar ayat 54 disebutkan bahwa:

“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: