BMKG, Sebut Penyebab Suhu Panas tak Wajar di Bengkulu karena Penguapan

BMKG, Sebut Penyebab Suhu Panas tak Wajar di Bengkulu karena Penguapan

BMKG, Sebut Penyebab Suhu Panas tak Wajar di Bengkulu karena Penguapan --

RADARUTARA.ID- Beberapa hari terakhir suhu di beberapa wilayah yang ada di Provinsi Bengkulu terasa sangat panas. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bengkulu menyampaikan bahwa suhu panas yang melanda beberapa wilayah yang ada di Provinsi Bengkulu disebabkan oleh tingginya tingkat penguapan

Kasi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Pulau Baai Bengkulu, Anang Anwar mengungkapkan suhu panas ini disebabkan oleh penguapan yang cukup tinggi dan minimnya tutupan awan, akibatnya pun energi konvektif menjadi meningkat.

"Kondisi ini dipengaruhi oleh minimnya tutupan awan yang memungkinkan sinar matahari langsung menyentuh permukaan bumi," ujarnya.

BACA JUGA:Waspada, Jambret Bersenjata Api Beraksi di Kepahiang, Ini Modusnya

Diungkapkannya pula, saat ini suhu di Bengkulu saat ini rata-rata  mencapai 33,9 derajat Celcius, kondisi ini pun terjadi dari pagi hari hingga malam.

"Meskipun terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang Suhu panas yang terjadi di Bengkulu mencapai rata-rata 33,9 derajat Celcius dan berlangsung sejak pagi hingga malam," ujarnya.

Sementara itu, Kondisi Suhu panas ini memang terjadi di beberapa wilayah yang ada di Provinsi Bengkulu, seperti yang disampaikan oleh Fitra salah seorang warga kota Bengkulu, bahwa suhu panas mulai terasa sejak jam 9 pagi hingga malam hari.

"Iya panas sekali, bahkan panasnya seperti menyengat kulit," ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Reihan warga Kota Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara.

"Panas saking panasnya kalo lama-lama di luar bisa bikin kepala pusing," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: