Lakukan Hal Simpel Ini Jika Anak Anda Mulai Berkata Kasar, Dijamin Bakalan Kapok Mengulanginya

Lakukan Hal Simpel Ini Jika Anak Anda Mulai Berkata Kasar, Dijamin Bakalan Kapok Mengulanginya

Menghadapi Anak yang Suka Berkata Kasar, Orang Tua Wajib Bertindak Tepat--

RADARUTARA.ID- Ketika seorang anak sering mengucapkan kata-kata kasar, orang tua harus segera mengambil tindakan yang tepat untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut agar tidak membudaya dan membentuk perilaku yang tidak diinginkan di masa depan.

Dengan memberikan pengetahuan dan pemahaman yang benar tentang mengapa berkata kasar itu tidak baik, orang tua dapat mencegah agar anak tidak dicap sebagai sosok yang tidak santun jika mengucapkan kata-kata kasar tersebut di depan umum.

Oleh karena itu, berikut adalah 6 cara efektif yang bisa diterapkan orang tua untuk mengatasi anak yang suka berkata kasar, sebagaimana dirujuk dari laman alodokter:

1. Berikan Pemahaman dengan Cara yang Bijak

Daripada memarahi atau membentak anak ketika ia berkata kasar, lebih baik orang tua memberikan pemahaman kepadanya bahwa kata-kata yang diucapkan tersebut memiliki arti yang tidak pantas untuk diucapkan oleh seorang anak.

Namun, usahakan untuk memberikan pemahaman tersebut ketika anak dalam kondisi tenang dan tidak sedang kesal atau marah, agar ia lebih terbuka untuk mendengarkan dan memahami penjelasan orang tua.

BACA JUGA:7 Cara Mudah untuk Membantu Tangani Emosi Anak dengan Sifat Sensitif, Agar Merasa Lebih Baik

2. Berikan Teladan yang Baik

Tidak jarang, anak meniru kebiasaan berkata kasar dari orang tuanya sendiri, sehingga orang tua perlu berhati-hati dalam bertutur kata di depan anak dan menjadi teladan yang baik dengan tidak menggunakan kata-kata kasar atau sumpah serapah di hadapan anak.

Jika terlanjur berkata kasar, orang tua harus meminta maaf kepada anak dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi serta menjelaskan alasan mengapa berkata kasar itu tidak baik.

3. Awasi Pergaulan Anak

Selain meniru orang tua, anak juga bisa meniru kebiasaan buruk berkata kasar dari lingkungan pergaulannya seperti teman, tetangga, atau orang lain yang sering berinteraksi dengannya. Oleh karena itu, orang tua harus mengawasi pergaulan anak dan mengingatkannya untuk memilih teman yang baik dan menghindari bergaul dengan orang yang berperilaku buruk.

4. Batasi Penggunaan Gadget

Penggunaan gadget yang tidak terkontrol juga bisa menjadi salah satu penyebab anak terpapar konten-konten yang mengandung kata-kata kasar, jorok, atau tidak pantas, sehingga orang tua perlu membatasi dan mengawasi penggunaan gadget pada anak agar tidak terpengaruh hal-hal negatif tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: