Ketahui 6 Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Menikah dalam Islam

Ketahui 6 Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Menikah dalam Islam

Ketahui 6 Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Menikah dalam Islam--

RADARUTARA.ID- Menikah adalah salah satu anjuran dari Rasulullah SAW bagi umat Islam, sebagai bentuk penyempurna dalam agama. Menikah memiliki tujuan untuk membina suatu rumah tangga yang tentram (sakinah), penuh cinta (mawaddah), hingga penuh rahmat (warahmah).

Perintah menikah sendiri diatur langsung oleh Allah SWT dan tercantum dalam Al-Qur'an Surat Ar-Rum Ayat 21. Tetapi, ada beberapa persiapan menikah dalam agama Islam yang wajib diketahui oleh umat Muslim. Persiapan ini dilakukan supaya calon mempelai sudah benar-benar siap untuk masuk kedalam dunia pernikahan.

Apa saja persiapan menikah dalam Islam yang wajib dijalankan? Berikut ini ulasan selengkapnya.

BACA JUGA:Ribuan Jemaah Haji Indonesia Mulai Jalankan umrah Wajib di Mekkah

1. Persiapkan Niat yang Tulus dan Matang 

Menikah merupakan ibadah yang agung dalam agama Islam. Jadi, Kamu wajib melakukannya dengan niat yang tulus dan mental yang sudah matang. Yakin lah kalau pasangan Kamu akan menjadi teman sehidup semati. Persiapkan dirimu untuk bertanggung jawab dengan pilihan Kamu hingga akhir hayat nanti.

2. Restu dari Keluarga

Pernikahan bukan cuma melibatkan ikatan antara sepasang kekasih pria dan wanita saja, namun juga menghubungkan kedua keluarga, yakmi keluarga pria dan keluarga wanita. Sebab pernikahan ini bertujuan untuk menyatukan kedua keluarga, restu dari keluarga, terutama restu dari orang tua, menjadi aspek yang paling penting.

3. Memperbaiki Akhlak dan Mengamalkan Sunnah

Menikah adalah proses menyatukan hidupmu bersama pasanganmu. Maka dari itu, kamu bisa mulai memperbaiki akhlak dan menjalankan beberapa ibadah sunnah dari sebelum menikah. Hal ini dikarenakan akhlak adalah bentuk cerminan diri yang akan terlihat.

BACA JUGA:Android 15 Sudah Masuk Tahap Beta, Ini Deretan HP yang Beruntung Mendapatkannya!

4. Mengikuti Konseling Pranikah

Konseling pranikah dilakukan supaya kamu dan calon pasangan punya gambaran tentang kehidupan saat pernikahan nanti. Hal ini dilakukan supaya calon mempelai bisa hidup selaras dengan tuntutan dan petunjuk Allah SWT, sehingga bisa mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.

5. Kesiapan Fisik, Mental, dan Finansial

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: