Lagi Viral di Media Sosial, Kamu Harus Paham Ternyata Ini Arti dan Makna Fastabiqul Khairat

Lagi Viral di Media Sosial, Kamu Harus Paham Ternyata Ini Arti dan Makna Fastabiqul Khairat

Lagi Viral di Media Sosial, Kamu Harus Paham Ternyata Ini Arti dan Makna Fastabiqul Khairat--

RADARUTARA.ID- Al-Quran merupakan kitab suci yang diturunkan oleh Allah SWT kepada nabi Muhammad sebagai petunjuk bagi umat manusia. Di dalam Alquran banyak sekali mengandung pelajaran dan pegangan hidup yang apabila kita berpegang teguh dengannya maka kita akan selamat di dunia dan akhirat.

Baru-baru ini terdapat sebuah potongan ayat Alquran yang viral di jagat media sosial, potongan ayat tersebut merupakan potongan ayat yang terdapat dalam Alquran surah al-baqarah ayat 148 yaitu fastabiqul khairat.

Adapun makna dari kalimat tersebut adalah berlomba-lomba dalam kebaikan, ada banyak sekali keutamaan yang dapat diperoleh ketika kita banyak melakukan tindakan dan perbuatan baik. Sebut saja diantaranya memanfaatkan waktu dengan baik, memperbanyak pahala, serta menjauhkan diri dari godaan setan. 

Layaknya sebuah perlombaan berbuat baik memanglah suatu hal yang bernilai pahala apabila melakukannya, sehingga tidak sedikit orang-orang yang berusaha untuk mencapai perbuatan baik yang sebanyak-banyaknya. Tentu saja hal itu bertujuan untuk mendapatkan syafaat serta pertolongan dari Allah SWT. Di dalam Alquran sendiri berlomba-lomba dalam kebaikan tersebut terdapat dalam Alquran surah al-baqarah ayat ke 148 yang berbunyi:

وَلِكُلٍّ وِّجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيْهَا فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرٰتِۗ اَيْنَ مَا تَكُوْنُوْا يَأْتِ بِكُمُ اللّٰهُ جَمِيْعًا ۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya: "Dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya.

BACA JUGA:Bacaan Doa Selamat dari Azab dan Siksa Kubur

Ada beberapa manfaat dari fastabiqul khairat apabila kita menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, diantara manfaatnya tersebut adalah sebagai berikut: 

1. Memanfaatkan Waktu dengan Hal yang Paling Baik

Dengan memperbanyak melakukan perbuatan baik maka kita dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan kualitas yang baik. Hal tersebut bisa menjadi pertanda kita sebagai seseorang yang bisa memanfaatkan dengan baik waktu yang kita punya untuk mengumpulkan pahala dan bekal di akhirat kelak, Untuk itulah tak ada gunanya bagi kita untuk menghabiskan waktu kepada hal-hal yang tidak berguna, gunakanlah waktu tersebut sebaik mungkin untuk memperbanyak mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

2. Meningkatkan Mutu Diri

Perbuatan baik tentunya menggiring kepada energi yang baik pula, dengan memperbanyak perbuatan baik dalam kehidupan sehari-hari maka akan mengarahkan hidup kita kepada hal-hal yang baik dan membuat kita menjadi orang yang lebih baik di kemudian harinya. Sebab energi yang kita miliki dalam kehidupan sehari-hari selalu kita manfaatkan untuk senantiasa berbuat baik.

3. Terhindar dari Godaan Setan dan Dosa

Dengan memperbanyak perbuatan baik maka Allah pasti akan mencintai kita dan menyayangi kita. Serta akan membantu dalam setiap langkah dan melindungi kita dari berbagai macam godaan setan serta marabahaya. Oleh karena itulah seseorang yang senantiasa berlomba-lomba dalam berbuat baik akan terhindar dari perbuatan dosa.

BACA JUGA:5 Amalan yang Bisa Membantu Umat Muslim Selamat dari Pertanyaan di Alam Kubur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: