5 Amalan yang Bisa Membantu Umat Muslim Selamat dari Pertanyaan di Alam Kubur

5 Amalan yang Bisa Membantu Umat Muslim Selamat dari Pertanyaan di Alam Kubur

5 Amalan yang Bisa Membantu Umat Muslim Selamat dari Pertanyaan di Alam Kubur--

RADARUTARA.ID- Semua manusia akan selesai dengan urusannya di dunia ini dan kembali kepada Allah SWT. Sebelum ditentukan masuk surga atau neraka, disebutkan bahwa manusia harus menjawab terlebih dulu pertanyaan dari malaikat Munkar dan Nakir di alam kubur berkaitan dengan ketaatan dan keimanannya saat hidup di dunia.

Dengan Datangnya malaikat di alam kubur juga sesuai dengan amalan manusia semasa hidupnya. Kalau manusia termasuk dalam golongan orang yang penuh dosa, maka malaikat akan datang dengan kemarahan. Tetapi, kalau manusia punya iman tinggi terhadap Allah SWT, maka malaikat juga turut bersuka cita.

Tentunya semua umat muslim ingin memperoleh perlindungan setelah mereka meninggal. Maka dari itu, berikut ini beberapa amalan yang bisa membantu menyelamatkan manusia dari siksaan pertanyaan di alam kubur.

BACA JUGA:Duhh! Honorer dengan Kriteria Ini Tidak Ada Harapan Jadi PPPK 2024

1. Banyak berzikir mengingat Allah SWT semata

Sebagai wujud keimanan dan mengesakaan Sang Pencipta, umat muslim saat di alam kubur juga akan memperoleh pertanyaan pertama yaitu man rabbuka (siapa Tuhanmu). Jika semasa hidupnya, seseorang senantiasa berzikir dengan sepenuh hati dan hanya  mengingat Allah SWT, maka akan memperoleh kelapangan dan dimudahkan untuk menjawab pertanyaan tersebut.

2. Menjaga salat lima waktu

Pertanyaan berikutnya: Ma dinuka (apa agamamu)? Cuma golongan umat muslim yang tidak pernah meninggalkan salat lima waktu lah yang bisa menjawab dengan tepat.

Didalam Al Qur’an, Allah SWT sudah memerintahkan umat-Nya untuk senantiasa menjaga kelengkapan salat. Karena, salat adalah penolong atas pertanyaan aina qiblatuka (di mana kiblatmu), dan amalan yang pertama kali dihisap di hari kiamat.

3. Sering bersalawat untuk Rasulullah SAW

Pertanyaan di alam kubur berikutnya yaitu man nabiyyuka (siapa nabimu). Umat muslim yang senantiasa bersalawat untuk Rasulullah SAW tentunya bisa dengan gampang menjawabnya. 

BACA JUGA:Jangan Lewatkan Amalan Ini! Pahalanya Seperti 2 Kali Haji dan 20 Umrah

4. Mempelajari dan mengamalkan Al Qur’an

Al Qur’an merupakan petunjuk hidup umat muslim yang menjadi penolong di akhirat kelak. Dengan catatan, harus sering mempelajari dan mengamalkannya. Pasalnya di alam kubur, malaikat Munkar dan Nakir juga akan mengajukan pertanyaan ma kitabuka (apa kitabmu?).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: