6 Doa Penenang Hati dan Pikiran yang Gelisah dalam Islam, Dijamin Semua Resahmu Akan Hilang Ditelan Angin

6 Doa Penenang Hati dan Pikiran yang Gelisah dalam Islam, Dijamin Semua Resahmu Akan Hilang Ditelan Angin

6 Doa Penenang Hati dan Pikiran yang Gelisah dalam Islam--

RADARUTARA.ID- Islam mengajarkan hubungan kerohanian antara seorang hamba dengan Tuhannya, dengan menjalankan ibadah serta memperbanyak doa merupakan bentuk komunikasi seorang hamba dengan Allah SWT.

Dalam doa tersebut seorang hamba dapat mengadu semua permasalahan dan persoalan hidup yang dialaminya. Dengan berdoa juga dapat menimbulkan efek ketenangan batin dan jiwa serta mendapatkan solusi dari Allah SWT terkait dengan permasalahannya. 

Terkadang pemikiran yang buruk, stres, cemas, dan capek membuat seorang manusia menjadi orang yang berakal pendek. Di mana ia akan menempuh jalan buruk untuk menyelesaikan masalahnya padahal pada dasarnya kita dapat mengadu kepada Allah SWT untuk memperoleh ketenangan batin dan tidak hanya itu kita juga akan memperoleh solusi yang datang dari mana saja.

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah Ini Oli yang Tepat untuk Motor Bebek Honda yang Bisa Bantu Tingkatkan Peforma Kendaraanmu

Dijelaskan dalam sebuah buku yang berjudul pengobatan dan doa mustajab yang ditulis oleh Muhammad Hasan Husein, bahwasanya kecemasan dan stres dapat diredakan dengan beristirahat serta memperbanyak berdoa. Dalam buku lain yang berjudul penyembuhan dengan doa dan dzikir yang ditulis oleh Muhammad Abdul Ghofar menjelaskan bahwasanya doa dapat memberikan ketenangan hati dan jiwa seperti yang ditulis di dalam Alquran surah ar-rad ayat ke 28 yang berbunyi:

الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ الْقُلُوْبُ ۗ ٢٨

Artinya: "(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, bahwa hanya dengan mengingat Allah hati akan selalu tenteram."

Dalam hadis rasulullah juga dijelaskan dengan berdoa mampu mengubah kesedihan menjadi kesenangan, selain itu juga mampu mengubah takdir seperti yang ditulis dalam hadis Rasulullah SAW berikut ini: "Tidak ada yang merubah sebuah takdir, kecuali doa." (HR Tirmidzi, Ahmad, dan Ibnu Majah).

Terdapat dalam buku doa dzikir memohon perlindungan dan ketenangan hati yang ditulis oleh darul insan, berikut ini beberapa doa yang dapat dipanjatkan untuk memperoleh ketenangan hati diantaranya:

BACA JUGA:Catat, Ini 8 Barang yang Dilarang untuk Dibawa ke dalam Kabin Pesawat, Paling Banyak Malah Makanan

Doa 1

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ

Allahumma inni a'udzu bika minal 'ajzi, wal kasali, wal jubni, wal haromi, wal bukhl. Wa a'udzu bika min 'adzabil qobri wa min fitnatil mahyaa wal mamaat.

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian."

Doa 2

لَّآ إِلَٰهَ إِلَّآ أَنتَ سُبْحَٰنَكَ إِنِّى كُنتُ مِنَ ٱلظَّٰلِمِينَ

La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: