Bacaan Dzikir yang Bisa Diamalkan Para Muslimah Saat Haid

Bacaan Dzikir yang Bisa Diamalkan Para Muslimah Saat Haid

Bacaan Dzikir yang Bisa Diamalkan Para Muslimah Saat Haid--

RADARUTARA.ID- Ketika haid, muslimah tidak boleh mengerjakan ibadah seperti sholat, puasa, dan membaca Alquran. Walaupun begitu, ada berbagai amalan lain yang dapat dilakukan, salah satunya berdzikir seperti bertasbih dan bertahmid. Dzikir dapat dilakukan setiap waktu. Selain itu, Rasulullah dan para ulama sudah memberikan contoh dzikir yang khusus di waktu pagi dan petang.

Saat haid, para muslimah bisa memperbanyak bacaan istighfar (Astgahfirullahal ‘adzim),  tasbih (Subhanallah), tahmid (alhamdulillah) dan tahlil (la illaha illallah).

Mereka dapat melafalkan dzikir tersebut dengan lisan ataupun di dalam hati ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Dzikir tersebut bisa memberikan ketenangan dan ketentraman saat diucapkan dengan ikhlas. Perintah untuk senantiasa berdzikir kepada Allah tercantum dalam surat Al Ahzab ayat 41-42.

BACA JUGA:Bolehkah Daging Kurban Dibagikan ke Nonmuslim? Ini Penjelasan Hukumnya

Bahkan, anjuran untuk memperbanyak dzikir bagi kaum hawa juga disampaikan Rasulullah SAW dalam hadist yang diriwayatkan Muslim berikut ini:

Rasulullah SAW pun bersabda, “Wahai kaum wanita, bersedekahlah kalian dan perbanyaklah istighfar, karena aku melihat kebanyakan penghuni nerakan adalah kaum kalian.” (HR. Muslim)

Selain berdzikir, ada doa lain yang dapat dibaca ketika haid.

Berikut ini Bacaan Doa dan Dzikir yang Bisa Diamalkan ketika Haid

1. Bacaan dzikir saat haid hari pertama

Alhamdulillah ala kulli halin wa astaghfurullaha min kulli dzanbin

Artinya: Segala puji bagi Allah atas segala perkara, dan aku memohon ampun kepada-Mu atas segenap dosa.

BACA JUGA:Heboh di TikTok! Mengkonsumsi Susu Kedelai Disebut Miliki Manfaat yang Besar untuk Wanita, Apa Benar?

2. Bacaan dzikir saat haid ketika merasa nyeri

Allahumma adzhibil ba'sa rabban naasi wasyfi fantasy syaafii laa syiffaa 'an syifaa 'uka syifaa 'an laa yughaadiru saqama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: