Menarik Ruh Surat Al-Fatihah, Keistimewaan Induk Al-quran Ini, Sangat Bermanfaat untuk Kehidupan Manusia

Menarik Ruh Surat Al-Fatihah, Keistimewaan Induk Al-quran Ini, Sangat Bermanfaat untuk Kehidupan Manusia

Menarik Ruh Surat Al-Fatihah, Keistimewaan Induk Al-quran Ini, Sangat Bermanfaat untuk Kehidupan Manusia--

RADARUTARA.ID- Surah Al-fatihah merupakan surat pembuka di dalam Al-qur'an, surat ini diturunkan di Mekah yang memiliki 7 ayat. Surah alfatihah sendiri merupakan surah yang menjadi syarat sah salat, sehingga sudah pasti kita selalu membacanya setiap hari. Ada banyak sekali keutamaan yang terdapat di dalam surah al-fatihah ini, dalam artikel kali ini kita akan membahas sejumlah keutamaan yang terdapat dalam Alquran surah alfatihah ini diantaranya:

1. Induk Al-Qur'an

Dijelaskan bahwasanya surah al-fatihah merupakan induk dari Alquran atau Ummul Quran seperti yang diungkapkan dalam buku mutiara di samudra Al Fatihah oleh Ibnu qayyim Al jauziyah. Pada surah ini diawali dengan pernyataan manusia dengan memuji Allah SWT atas rasa syukur yang tinggi kepadanya.

2. Menjadi Doa Penyembuh Penyakit (Penawar/Obat)

Surah al-fatihah sendiri juga bisa menjadi penyembuh bagi segala penyakit surat ini juga sering digunakan sebagai mantra dari ruqyah dan mengobati penyakit fisik ataupun penyakit hati. Seperti yang diterangkan di dalam sebuah hadis dari  Abu Said a-Khudri ra.:

"Pada suatu hari kami seorang budak perempuan dan berkata, 'Sesungguhnya kepala dusun ini sakit dan tidak ada seorang pun di antara kami yang bisa mengobatinya. Adakah di antara tuan-tuan yang dapat menyembuhkannya?' kata seorang di antara kami berdiri dan mengikuti budak itu. Kami tidak mengira jika ia bisa menjadi tabib. Si sakit itu kemudian dimantrainya dan sembuh. Kepadanya diberi hadiah 30 ekor kambing. Dan kami diberi suguhan susu. Ketika kami kembali, kami bertanya, 'Apakah engkau membolehkan mantra dan apakah engkau tukang mantra?' Dia menjawab, 'Tidak. Aku bukan tukang mantra, tetapi hanya membacakan ummul kitab (Al-Fatihah)'. Kami berkata, "Kejadian itu jangan dikabarkan kepada siapa pun, sebelum kita tanyakan kepada Rasulullah SAW." Sesudah itu kami sampai di Madinah, kami mendatangi Rasulullah SAW dan menceritakan kejadian itu. Rasulullah SAW bersabda, 'Siapa tahu bahwa surah Al-Fatihah adalah mantra (obat) bagilah hadiah itu dan berikan kepadaku sebagian darinya." (HR. Bukhari)

Bahkan beberapa ulama juga sepakat surah al-fatihah juga bisa menjadi penyembuh akibat sengatan binatang yang berbisa serta bisa pula dipakai untuk menyembuhkan orang yang terkena gangguan jin.

3. Munajat bagi Umat Muslim saat Salat

Surah al-fatihah sendiri merupakan bentuk munajat ataupun doa sepenuh hati kepada Tuhannya, seperti yang terdapat dalam sabda Rasulullah dari Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasai, dan Ibnu Majah meriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang salat tanpa membaca Al-Fatihah , doanya belum sempurna". Dia mengulangi kata-kata itu tiga kali.

Dari Ubadah bin Shamit Rasulullah pernah bersabda, "Tidak (dianggap sah) salat seseorang yang tidak membaca Surah Al-Fatihah."

4. Al-Fatihah Merupakan Al Qur'an Al-Azhim

Dikutip dari buku Rahasia Dahsyat Al-Fatihah, Ayat Kursi, dan Al Waqiah untuk Kesuksesan Karier dan Bisnis oleh Ustaz Ramadhan AM, Allah SWT menamai surat Al-Fatihah dengan Al Qur'an Al-Azhim. Padahal dalam Al-Qur'an tidak berisi surat Al-Fatihah saja, melainkan surat-surat lainnya yang berjumlah 113.

Surah al-fatihah digelari demikian karena dalam surah al-fatihah meliputi semua aspek yang termuat di dalam Alquran secara keseluruhan. Meskipun surah Al fatihah tergolong pendek namun surah ini memuat tiga macam tauhid yaitu tauhid Rububiyah, tauhid Uluhiah, dan tauhid Asma' wa sifat.

5. Surat Paling Agung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: