Tayamum: Niat, Tata Cara, dan Doa yang Benar dalam Ajaran Islam

Tayamum: Niat, Tata Cara, dan Doa yang Benar dalam Ajaran Islam

Tayamum: Niat, Tata Cara, dan Doa yang Benar dalam Ajaran Islam--

BACA JUGA:Segini Batas Usia Minimum Calon Gubernur dan Bupati serta Walikota di Pilkada 2024

Berikut ini cara tayamum selengkapnya:

1. Menghadap ke arah kiblat dan ucapkan Basmalah.

2. Letakkan kedua telapak tangan pada debu dengan posisi jari-jari tangan dirapatkan.

3. Usapkan kedua telapak tangan di seluruh wajahmu, sambil membaca niat “Nawaitut tayammuma listibaahatish shalaati fardlol lillahi ta'ala.” dalam hati.

4. Letakkan lagi telapak tangan pada debu, alangkah baiknya di tempat yang berbeda dari letak yang pertama tadi. Kali ini jari-jari direnggangkan, kalau ada cincin pada jari dilepas dulu sementara.

5. Usap telapak tangan kiri pada punggung tangan kanan ke arah bagian dalam lengan sampai siku. Lanjutkan dari telapak tangan kanan untuk mengusap punggung tangan kiri hingga siku.

6. Usapkan kedua telapak tangan dan raih area di antara jari-jari, sambil mengusap kedua ibu jari.

7. Baca doa sesudah tayamum

"Asyhadu alla ilaaha illallaahu wahdahu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa rasuluhu, allahummaj'alni minat tawwaabiina waj'alnii minal mutathohhiriin." 

Artinya: Aku mengaku bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci (saleh).*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: