Usai Kalah dari Timnas Indonesia, Media Korea Selatan Beri Komentar untuk Shin Tae-yong

Usai Kalah dari Timnas Indonesia, Media Korea Selatan Beri Komentar untuk Shin Tae-yong

Usai Kalah dari Timnas Indonesia, Media Korea Selatan Beri Komentar untuk Shin Tae-yong--

Disebutkan pula jika Shin Tae-yong juga mengubah generasi di timnas Indonesia. Susunan pemain yang digunakannya sebagian besar sudah berpengalaman bersama timnas Indonesia. Shin Tae-yong juga rela terbang ke Eropa untuk mengamati pemain asing dan membujuk mereka untuk bergabung ke timnas Indonesia, seperti Rafael Strike, Ivar Zener, Nathan Joaone, dan Justin Hubner.

BACA JUGA:5 Negara dengan Suku Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia ?

3. Shin Tae-yong, pelatih yang dirindukan Korea Selatan

Media Footballist merilis artikel berjudul, "Shin Tae-yong, pelatih yang dirindukan oleh federasi enam tahun lalu, mengubah sejarah sepak bola Korea" pada Jumat (6/4/2024). Dalam artikel tersebut, Shin Tae-yong disebut telah mengubah nasib Korea Selatan untuk melaju ke Olimpiade ke-10 secara berturut-turut.

Pelatih asal Korea Selatan itu menggagalkan mimpi timnasnya sendiri untuk lolos semifinal Piala Asia U23. Pelatih berusia setengah abad itu berhasil membuat Korsel terjebak dalam format tiga bek sederhana dan bermain sepak bola dengan fokus pada umpan-umpan panjang.

Sehingga hal itu tidak memiliki peluang lantaran kesenjangan yang lebar antara menyerang dan bertahan.

Di sisi lain, Indonesia menggunakan perpaduan serangan cepat dan dalam yang tepat dan mengarahkan bola ke sekitar kotak penalti Korea. Taktik Shin Tae-yong itu ibarat deklarasi bahwa Indonesia bukan lagi tim lemah. Indonesia menciptakan formasi 3-2-4-1 dengan kedua bek sayap berdiri tegak dalam situasi ground ball.

Taktik ini mirip dengan sepak bola modern terkini dan merupakan contoh efisien dalam menstabilkan lini belakang sambil secara bertahap memajukan bola ke garis ofensif. Secara personal, reporter Heejun Kim itu menyatakan bahwa Shin Tae-yong adalah bakat yang dilewatkan oleh Korea Selatan. Dia adalah pelatih yang dirindukan Korea Selatan.

Sebab Shin Tae-yong tumbuh dan mengembangkan kemampuannya dengan memimpin timnas Korea untuk setiap kelompok umur. Namun, dia dibebastugaskan setelah dinilai gagal di Piala Dunia 2018 meskipun di laga terakhir menang atas juara bertahan sebelumnya Jerman 2-0.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: