5 Negara dengan Suku Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia ?

5 Negara dengan Suku Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia ?

5 Negara dengan Suku Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia ?--

RADARUTARA.ID- Etnis atau suku bangsa merupakan golongan manusia yang mengidentifikasikan diri dan sesamanya berdasarkan garis keturunan yang dianggap sama, terutama kesamaan budaya, bahasa, agama, perilaku, hingga ciri-ciri biologis.

Dalam suatu negara, etnis yang mendudukinya juga bukan cuma satu, tetapi beragam etnis dan berbeda-beda antara satu dengan lainnya.

Berikut ini ada beberapa negara dengan suku terbanyak di dunia.

BACA JUGA:Petani Kopi di Bengkulu Utara Sumringah, Harga Kopi Tebus Rp50 ribu per kilogram

1. India

India mempunyai luas sekitar 2.287 juta km persegi dengan jumlah penduduknya mencapai 1,339 miliar. Dengan penduduk sebesar itu, tak heran kalau India memiliki keberagaman bahasa dan suku bangsa. Jumlah kelompok etnis di India diperkirakan sebesar 2.000 kelompok, dengan 97% masyarakatnya terutama 12 kelompok besar.

2. Indonesia

Indonesia dikenal akan keberagaman suku bangsa dan budayanya. Indonesia mempunyai lebih dari 300 kelompok suku bangsa, lebih tepatnya 1.340 suku berdasarkan sensus BPS tahun 2010. Suku Jawa merupakan kelompok etnis paling besD yang mencapai 41% dari total populasi Indonesia (273,8 juta orang tahun 2021).

Sedangkan di Kalimantan dan Papua, populasi orang Jawa suma sebesar ratusan orang saja.

BACA JUGA:Uang Koin Rp25 Tahun 1996 Ini Bisa Dijual Seharga Rp 150 juta, Begini Cara Menukarkannya

3. Papua Nugini

Papua Nugini memperoleh kemerdekaannya secara resmi pada tanggal 16 September 1975. Negara yang terletak di ujung timur Indonesia dan berbatasan langsung dengan Provinsi Papua ini memiliki lebih dari 850 bahasa lokal.

Papua Nugini juga memiliki lebih dari 1.000 kelompok etnis. Penduduk aslinya yaitu Melanesia, sedangkam kelompok etnis lainnya yaitu Negritos, Mikronesia, dan Polinesia.

4. Meksiko

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: