Perangi Wabah DBD, Kecamatan Tanjung Agung Palik Gelar PSN Serentak di Seluruh Desa

Perangi Wabah DBD, Kecamatan Tanjung Agung Palik Gelar PSN Serentak di Seluruh Desa

Aksi gotong royong di Kecamatan TAP untuk berantas sarang nyamuk DBD--

RADARUTARA.ID- Dalam rangka pencegahan dan penanggulangan wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) yang terus meningkat di sepanjang tahun 2024 ini. Pemerintah Kabupaten  Kabupaten Bengkulu Utara secara serentak melaksanakan aksi pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di seluruh desa, pada Jumat (26/4) pagi.

Kegiatan berlangsung salah satunya di wilayah Kecamatan Tanjung Agung Palik (TAP).

Dimana kegiatan PSN tersebut di mulai dari apel gabungan yang melibatkan jajaran Tripika dan dinas terkait tingkat kecamatan serta pemerintah desa se-Kecamatan Tanjung Agung Palik, sahabat Tagana dan TKSK Dinsos, bertempat di halaman kantor Camat setempat.

Camat Tanjung Agung Palik, Zainal, S.Ip mengatakan setelah melaksanakan apel gabungan kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan PSN di seluruh desa. Kegiatan tersebut meliputi pembersihan tempat-tempat sarang nyamuk, seperti areal selokan dan bak-bak penampungan air yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

"Setelah apel gabungan seluruh jajaran kita sebar ke desa masing-masing untuk melaksanakan gotong royong PSN. Ini rencananya akan rutin dilaksanakan setiap hari Jumat, kedepannya," jelas camat.

BACA JUGA:Hingga 2024, Penanganan Jembatan di Lembah Duri Belum Ada Kabar, Camat: Usulan ke Provinsi Sudah Sering

Selain melakukan pembersihan, pihaknya juga melakukan pembagian Abate secara gratis untuk masyarakat.

"Melalui bubuk Abate ini di harapkan bisa meminimalisir timbulnya jentik-jentik," imbuhnya.

Dari data yang berhasil ia dapatkan dari Puskesmas Tanjung Agung Palik. Sepanjang tahun 2024 ini telah di temukan sebanyak 3 kasus DBD terjadi di wilayahnya.

"Kasusnya hanya terjadi di satu desa yaitu Desa Tanjung Agung Palik. Maka itu, hari ini lingkungan rumah sekitarnya sudah kita bersihkan agar lebih steril dari potensi perkembangan nyamuk DBD," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: