Terungkap, Ternyata Sosok Ini Orang Pertama yang Mengabadikan Foto Ka'bah di 1,5 Abad Lalu

Terungkap, Ternyata Sosok Ini Orang Pertama yang Mengabadikan Foto Ka'bah di 1,5 Abad Lalu

Terungkap, Ternyata Sosok Ini Orang Pertama yang Mengabadikan Foto Ka'bah di 1,5 Abad Lalu--

RADARUTARA.ID- Ka'bah pertama kali diabadikan dalam bentuk foto pada tahun 1880 sekitar 144 tahun, lalu. Fotografer pertama kali menggunakan kamera untuk memotret Ka'bah adalah Mohammed Sadiq Bey.

Dikutip dari lama Al Arabiya English, Minggu 21 April 2023, dijelaskan bahwa Mohammed Sadiq Bey merupakan pria asli Mesir. Ia, mengabadikan foto Ka'bah saat dirinya berangkat ke Makkah pada 1880. 

Fotonya, kemudian tercatat dalam sejarah sebagai gambar Ka'bah yang pertama kali diabadikan dalam jepretan lensa kamera. 

Selain menjadi fotografer pertama yang mengabadikan gambar Ka'bah, Sadiq Bey, juga menulis buku tentang perjalanan ibadahnya dan kunjungannya ke Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Total ada empat buku yang ditulis, semua berisi pengalamannya selama di Kota Suci Makkah. 

BACA JUGA:Waw! DBD Menyerang 269 Warga di Bengkulu Utara Sepanjang 2024

Pada foto hitam putih, itu tampak jelas Ka'bah ada di bagian tengah. Di sekelilingnya ada banyak bangunan yang mirip hotel dan rumah penduduk masa lalu. Terlihat pula, gedung bertingkat tapi jumlah dan tingginya tidak sebanyak sekarang. Bisa dibayangkan bahwa Sabiq Bey, mengambil foto tersebut dari tempat yang tinggi. 

Sementara pada foto lainnya, Sabiq Bey, memotret Ka'bah dari lokasi yang lebih dekat. Tampak Ka'bah yang tertutup kiswah hitam ini dikelilingi ribuan umat Islam yang diperkirakan foto tersebut diambil saat musim haji.

Melansir Arab News, sebelum mengambil foto Ka'bah, Sadiq Bey telah beberapa kali berkunjung ke Makkah. Ia berkunjung ke Makkah sebagai bagian dari petugas yang melayani jemaah haji.

Kunjungan pertama Sadiq Bey ke Makkah terjadi pada 1861. Dalam perjalanan ini, ia membawa serta perangkat yang dikenal sebagai kamera collodion pelat basah, sebuah teknik yang telah ditemukan pada masa itu.

BACA JUGA:Agar Tak Menyesal di Kemudian Hari, Ikuti Cara Menghapus Jejak Digital Berikut Ini

Jepretan asli milik Sabiq Bey ini sekarang masih dalam kondisi yang baik. Gambar pertama Ka'bah ini pernah dipamerkan.

Foto-foto Ka'bah dan suasana Makkah yang diambil Sabiq Bey memberikan gambaran langka tentang kehidupan di kota suci itu lebih dari satu abad yang lalu.

Karya-karya jepretan Sabiq Bey menarik perhatian banyak orang, salah satunya kurator pameran, Christine Barthe.

"Meskipun pameran ini berfokus pada 44 negara berbeda, dua foto penting bagi kami adalah foto yang diambil di Makkah pada 1881. Ini adalah elemen penting karena lokasinya, faktanya foto tersebut difoto pada masa awal dan juga karena foto tersebut diambil oleh seorang fotografer Arab, jadi ini benar-benar merupakan pertunjukan simbolis dari pameran tersebut," kata Barthe.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: