Aqiqah atau Qurban, Mana yang Lebih Diutamakan? Simak Jawabannya Disini

Aqiqah atau Qurban, Mana yang Lebih Diutamakan? Simak Jawabannya Disini

Aqiqah atau Qurban, Mana yang Lebih Diutamakan? Simak Jawabannya Disini--

RADARUTARA.ID - Aqiqah dan kurban adalah ibadah sunnah muakkad yang sama-sama dikerjakan dengan cara menyembelih hewan ternak. Tetapi, jenis dan waktu penyembelihan hewan antara Aqiqah dengan kurban mempunyai perbedaan.

Hewan yang dipakau untuk aqiqah hanyalah berupa kambing atau domba. Sementara kurban bisa menyembelih hewan ternak mulai dari unta, sapi, kerbau, kambing, hingga domba. Penyembelihan hewan aqiqah dikerjakan pada hari ketujuh, keempat belas, atau kedua puluh satu dari kelahiran anak.

Sedangkan waktu penyembelihan hewan kurban hanyalah ketika hari raya Idul Adha sesudah menunaikan sholat ied

BACA JUGA:10 Cara Membuka Pintu Rezeki Sesuai Ajaran Islam, Tapi Nomor 6 Sering Diabaikan

Dalam menunaikan kedua ibadah sunah ini, beberapa orang yang ingin menunaikam kurban namun belum mengaqiqahkan anaknya akan bertanya-tanya. Mana yang diutamakan antara aqiqah atau kurban? Berikut ini jawaban selengkapnya.

Kalau ketika penyembelihan hewan kurban, anak tersebut berusia di atas 7 hari maka didahulukan aqiqah duluan. Jika ketika penyembelihan kurban anak tersebut belum berusia 7 hari, maka dianjurkan mengerjakan kurban saja namun nantinya anak tersebut juga harus diaqiqahkan.

Penyembelihan hewan kurban yang bertepatan dengan 7 hari usia sang anak membuat kurban tersebut otomatis sebagai aqiqah untuk sang anak.

BACA JUGA:Jalan Amblas akibat Hujan Deras, 68 KK Warga Dusun 1 Desa Rena Jaya Terisolir

Sementara bagi orang yang sudab berusia dewasa namun belum pernah melakukan keduanya, baik kurban maupun aqiqah, maka kewajibannya jatuh kepada menunaikan kurban terlebih dahulu.

Hal ini disebabkan hukum berkurban menjadi kewajiban pribadi, sedangkan aqiqah termasuk kewajiban orang tua.

Dengan begitu kesimpulannya, aqiqah lebih diutamakan jika bayi yang dilahirkan berusia 7 hari atau di atasnya. Bahkan, orang dewasa yang belum sempat diaqiqahkan saat bayi, sangat dianjurkan untuk menunaikan kurban terlebih dahulu.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: