Tradisi Unik Rayakan Lebaran Idul Fitri di Berbagai Negara, Afganistan hingga Australia

Tradisi Unik Rayakan Lebaran Idul Fitri di Berbagai Negara, Afganistan hingga Australia

Tradisi Unik Rayakan Lebaran Idul Fitri di Berbagai Negara, Afganistan hingga Australia--

RADARUTARA.ID - Setiap tahunnya, umat Muslim merayakan Lebaran dengan banyak kegiatan. Tetapi, apakah kamu tahu ada beberapa tradisi Lebaran yang unik dan menarik di berbagai negara di dunia? Berikut ini beberapa tradisi unik rayakan idul fitri di berbagai negara.

1. Adu Pecah Telur Rebus di Afganistan

Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat Muslim di Afganistan. Umat Muslim di Afganistan ketika Lebaran akan melakukan tradisi kuat-kuatan telur. Adapun perayaannya dilakukan dengan berkumpul di taman terlebih dahulu dan satu sama lain mencoba memecahkan telur rebus.

2. Festival Gula di Turki

Ketika Lebaran tiba, umat Muslim umumnya akan menggelar seker bayram atau festival gula. Seker bayram atau festival gula di Turki sendiri biasanya disebut sebagai penyebutan lain dari Hari Raya Idul Fitri.

Umat Muslim yang nanti melakukan tradisi festival gula ini akan mengantarkan manisan ke rumah-rumah tetangga terdekat sesudah melakukan salam-salaman. Uniknya lagi, ketika Lebaran, umat Muslim di Turki akan memakai pakaian khas bernama Bayramlik.

BACA JUGA:Ronjok Sayak, Tradisi Unik Masyarakat Bengkulu saat Lebaran Idul Fitri

3. Pertunjukan seni di Arab Saudi

Ketika Lebaran, semua umat Muslim di Arab Saudi akan beramai-ramai membuat dan menghadiri beberapa pertunjukan seni.

Nantinya, umat muslim di sana akan melihat pementasan seni pembacaan puisi, parade musik, tari, dan lainnya.

4. Ziarah Makan Leluhur di China

Tradisi ini dilakukan umat Muslim di China. Umat Muslim di China melaksanakan tradisi satu ini sebagai bentuk penghormatan.

Selain itu, ketika Lebaran di China, para pria Muslim di sana memakai jas khas dan kopiah putih, sedangkan para wanita akan memakai baju hangat dan kerudung setengah tertutup.

5. Pekan Raya Multikultural

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: