Besok Ada Gerhana Matahari, Jam Berapa Bisa Dilihat di Indonesia?

Besok Ada Gerhana Matahari, Jam Berapa Bisa Dilihat di Indonesia?

Besok Ada Gerhana Matahari, Jam Berapa Bisa Dilihat di Indonesia?--

RADARUTARA.ID - Gerhana Matahari Total merupakan gerhana yang terjadi ketika piringan Matahari tertutup semuanya oleh piringan Bulan. Ketika itu, piringan Bulan bisa terlihat sama besar dengan piringan Matahari, atau bahkan lebih besar lagi.

Fenomena Gerhana Matahari Total akan terjadi besok, 8 April 2024. Lantas, apakah Gerhana Matahari Total bisa dilihat di Indonesia? Ini informasi selengkapnya.

BMKG mengatakan Gerhana Matahari Total (GMT) akan terjadi pada tanggal 8 April 2024. Jalur gerhana akan melewati wilayah Benua Amerika, sehingga fenomena Gerhana Matahari Total bisa diamati di negara Amerika Utara, Amerika Serikat, Meksiko, Amerika Serikat bagian tengah dan Kanada bagian timur.

Lantas, Gerhana Matahari akan terjadi jam berapa di Indonesia? Harus diketahui, jalur Gerhana Matahari Total cuma akan melewati wilayah Benua Amerika saja. Gerhana Matahari 8 April 2024 tidak bisa diamati dari Indonesia.

BACA JUGA:Hukum Memakai Baju Baru Saat Lebaran, Ini Jawaban Buya Yahya

Berdasarkan Almanak BMKG, Gerhana Matahari Total akan terjadi selama beberapa jam saja. Kota yang terlewati jalur GMT dengan Durasi Totalitas terpanjang yaitu selama 4 menit 26 detik. Berikut ini proses global fase Gerhana Matahari Total yang akan terjadi pada 8 April 2024:

* Gerhana Sebagian mulai di lokasi awal: 15:42:15 UT

* Gerhana Total mulai di lokasi awal: 16:38:52 UT

* Puncak Gerhana: 18:17:21 UT

* Gerhana Total berakhir di lokasi akhir: 19:55:35 UT

* Gerhana Sebagian berakhir di lokasi akhir: 20:52:19 UT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: