5 Keutamaan Membaca Al-Qur'an di Malam Nuzulul Qur’an

5 Keutamaan Membaca Al-Qur'an di Malam Nuzulul Qur’an

5 Keutamaan Membaca Al-Qur'an di Malam Nuzulul Qur’an--

RADARUTARA.ID- Pada pertengahan bulan Ramadhan, umat Muslim memperingati peristiwa istimewa, yaitu turunnya Al-Qur’an yang disebut Nuzulul Qur’an. Peristiwa ini biasanya diperingati setiap tanggal 17 Ramadhan.

Di malam Nuzulul Qur’an ini, umat Muslim dianjurkan memperbanyak membaca Al-Qur’an, yang merupakan kalamullah dan pedoman hidup manusia. 

Lantas apa si keutamaannya? Berikut ini 5 keutamaan membaca Al-Qur’an bagi umat Muslim:

BACA JUGA:Komplotan Curnak Mulai Tunjukan Tajinya di Putri Hijau, Kerbau Milik Warga Sebelat Ditemukan Tinggal Jeroan

1. Memperoleh Pedoman Hidup dan Petunjuk dari Allah Swt

Al-Qur’an diturunkan oleh Allah Swt untuk memberikan pedoman hidup dan petunjuk bagi seluruh manusia. Dengan membaca Al-Qur’an, kita dapat membedakan perkara yang baik dan buruk serta memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Allah berfirman, "Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil)" (Al-Baqarah/2:185).

2. Memperoleh Pahala Berlipat

Setiap huruf Al-Qur’an yang dibaca memberikan pahala. Rasulullah Saw bersabda, "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur'an), maka dia akan memperoleh satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan dengan sepuluh semisalnya" (HR. At-Tirmidzi: 2835).

BACA JUGA:Kata Ustaz Maulana, 3 Golongan Manusia Ini Punya Pahala yang Besar, Tapi Dosanya Juga Besar, Siapa Mereka?

3. Malaikat Turun ke Bumi

Malam Nuzulul Qur’an ditandai dengan momen banyak malaikat turun ke bumi, termasuk Malaikat Jibril. Allah berfirman, "Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan" (Al-Qadar/97:4).

4. Malam Keberkahan

Malam Nuzulul Qur’an merupakan malam yang penuh berkah. Allah berfirman, "Sesungguhnya Kami menurunkannya pada malam yang diberkahi. Sungguh, Kamilah yang memberi peringatan" (Ad-Dukhan/44:3).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: