Kata Ustaz Maulana, 3 Golongan Manusia Ini Punya Pahala yang Besar, Tapi Dosanya Juga Besar, Siapa Mereka?

Kata Ustaz Maulana, 3 Golongan Manusia Ini Punya Pahala yang Besar, Tapi Dosanya Juga Besar, Siapa Mereka?

Kata Ustaz Maulana, 3 Golongan Manusia Ini Punya Pahala yang Besar, Tapi Dosanya Juga Besar, Siapa Mereka?--

RADARUTARA.ID- Semua orang pastinya ingin melakukan hal-hal yang baik semasa hidupnya dan terhindar dari dosa maupun kesalahan kepada Tuhan. Maka dari itu, banyak orang berlomba-lomba melakukan kebaikan khususnya para umat Muslim di bulan suci Ramadhan, yang mana segala amal perbuatan akan dilipatgandakan pahalanya.

Berbuat baik dan berbuat dosa tak luput dari tanggung jawab masing-masing orang terhadap dirinya sendiri dan Tuhan. Kata Ustaz Maulana, setidaknya ada 3 orang yang bisa memperoleh pahala paling besar dibanding dengan orang lain, tetapi meskipun begitu, ada pula dosa yang akan ditanggungnya.

"Ada tiga manusia yang punya pahala besar, tapi saat dia berbuat dosa, dosanya juga besar; yakni orangtua, pimpinan, dan guru," ucap Ustaz Maulana.

"Tiga orang ini berbahaya, jika dia berbuat baik, maka kebaikannya akan besar. Namun saat dia berbuat dosa, dosanya akan lebih besar lagi," sambungnya.

BACA JUGA:Lebaran Hampir Tiba, Ini Rekomendasi Mobil Baru Harga di Bawah Rp100 Juta, Irit Bensin!

Pertama yairu orangtua, karena memiliki tanggung jawab besar terhadap anak-anaknya. Orangtua wajib menjadi contoh yang baik sampai mendidik anak-anaknya sebaik mungkin supaya mereka tumbuh besar menjadi orang yang terbaik pula. Di sisi lain, kalau orangtua tidak bisa memenuhi kewajibannya, maka mereka akan menanggung dosa yang besar.

Lalu yang kedua sosok pemimpin, yang mana setiap perbuatannya akan menanggung nasib bagi para pengikutnya. Sama seperti orangtua yang wajib memberi contoh kebaikan, seorang pemimpin juga wajib membawa pengikutnya ke jalan yang benar. Jika hal tersebut tidak terpenuhi, maka dosa besar akan menantinya.

Yang ketiga yaitu guru, sosok yang mendidik sekaligus menjadi panutan murid-muridnya. Seorang guru memiliki tanggung jawab yang besar karena wajib menyampaikan ilmu yang benar kepada murid-muridnya. Kalau menyesatkan, maka guru juga akan menanggung dosa dari perbuatan yang dilakukan oleh muridnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: